Perdana Menteri Yunani Dukung Kemerdekaan Palestina

Athena, MINA – , Alexis Tsipras, menyatakan pada hari Rabu (19/12) solidaritasnya dan warga Yunani untuk rakyat Palestina dalam mencapai kemerdekaan dan perdamaian.

Selama pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Palestina dan kehadiran duta besar Palestina untuk Yunani, Marwan Toubasi, Tsipras mengatakan, ia ingin mengadakan pertemuan puncak Palestina-Yunani-Siprus awal tahun depan dan menerapkan apa yang disepakati bersama dengan komite kementerian.

Seperti yang dikutip dari Wafa, Tsipras juga menekankan pentingnya kerjasama antara dua negara di bidang energi dan gas serta pentingnya air serta zona ekonomi.

Sementara itu, Malki memberi penjelasan kepada Perdana Menteri Yunani tentang perkembangan baru-baru ini mengenai Yerusalem, solusi dua negara, pengungsi dan dukungan keuangan untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Ia mengatakan, perkembangan politik terbaru dan eskalasi serta pelanggaran Israel terhadap rakyat Palestina akan menghancurkan peluang apa pun untuk solusi dua negara.

Malki menambahkan, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan undang-undang rasisnya akan menyeretnya ke dalam lingkaran kekerasan. Ia menunjukkan Israel, Kekuatan Pendudukan, harus dipertanggung jawabkan di forum internasional.

Untuk itulah, ia menekankan kerjasama dan kemitraan Eropa-Arab untuk mendukung visi perdamaian Palestina, menyerukan peran yang lebih besar bagi Yunani di Uni Eropa dalam hal ini. (T/Sj/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)