12 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022

12 Fakta Menarik Piala Dunia Qatar 2022 (foto: Indosport)

Doha, MINA – Untuk pertama kalinya, akan diselenggarakan  di negara Muslim dan berikut adalah 12 fakta menarik tentang pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut seperti dikutip dari AboutIslam, Sabtu (5/11).

Piala Dunia Pertama di Negara Muslim

Qatar memenangkan hak menjadi menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010 dan mereka menjadi negara Muslim pertama yang mendapat kesempatan tersebut.

Negara Asia Kedua yang Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 

Sepak bola dikenal sebagai permainan yang didominasi oleh negara-negara Eropa dan Amerika Selatan. Oleh karena itu, mereka memiliki modal besar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Namun, Piala Dunia 2022 kali ini akan diselenggarakan di Asia. Hal Ini bukan pertama kalinya. Tahun 2002, Jepang dan Korea Selatan bersama-sama menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Piala Dunia Pertama yang Digelar di Musim Dingin

Biasanya, Piala Dunia diselenggarakan dari Mei hingga Juli. Namun kali ini, Piala Dunia akan digelar pada November dan Desember karena Qatar adalah negara gurun pasir yang biasanya mengalami gelombang panas pada bulan Juni-Juli sehingga jadwal pesta olahraga ini berpindah ke November dan Desember.

Tuan Rumah Pertama yang Belum Pernah Bermain di Piala Dunia

 

Qatar mendirikan asosiasi sepak bola pada tahun 1960 dan menjadi anggota FIFA pada 1963. Sejak itu, Qatar berusaha untuk lolos ke Piala Dunia FIFA, tetapi belum berhasil sehingga  negara ini akan menjadi tuan rumah pertama yang belum pernah bermain di piala dunia sebelumnya.

 

Negara Terkecil Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia

 

Qatar menjadi negara terkecil yang menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA, baik secara geografis maupun populasi. 

 

Piala Dunia Termahal

Penyelenggaraan akan menjadi yang termahal sepanjang sejarah karena negara itu harus membangun banyak infrastruktur yang meliputi stadion, hotel, dan jalan. Qatar telah menghabiskan lebih dari $220 miliar dolar AS.

Memiliki Jumlah Stadion Bola Paling Sedikit

Qatar memegang rekor sebagai tuan rumah Piala Dunia dengan jumlah stadion paling sedikit. Mereka membangun delapan stadion, tujuh dibangun dari awal sementara satu direnovasi untuk memenuhi kebutuhan piala dunia.

Piala Dunia Paling Seragam 

Seluruh delapan stadion di Qatar berada dalam radius 60 kilometer. Oleh karenanya, piala dunia kali ini dinobatkan sebagai yang seragam sehingga pecinta sepakbola dapat sampai satu tempat ke tempat lain hanya dalam kurang dari 90 menit. 

Piala Dunia Tersingkat 

Piala dunia yang akan berlangsung selama 28 hari dengan 64 pertandingan menjadikannya piala dunia tersingkat  dalam sejarah.

Catatan Jumlah Pengunjung

Seperti dilansir fifaworldcupmania.com, piala dunia 2022 akan mencatat jumlah pengunjung pada saat piala dunia berakhir. Lebih dari 1,5 juta penonton dari seluruh dunia diprediksi akan menyaksikan langsung Piala Dunia di Qatar karena lokasi geografisnya yang sangat mudah diakses oleh banyak negara, kemudahan untuk mendapatkan visa, dan tiket pesawat murah 

Stadion Ber-AC

Qatar memiliki suhu yang tinggi di siang hari. Untuk mengatasi itu, mereka telah melengkapi stadionnya dengan AC.

Menjembatani Kesenjangan antara Eropa dan Timur Tengah

Piala dunia kali ini diharapkan dapat menjembatani kesenjangan budaya antara Timur Tengah dan Eropa. Dampak dari piala dunia diperkirakan akan terlihat setelah piala dunia berakhir. Baik FIFA maupun Qatar berharap hasil positif dari turnamen tersebut. (T/ri/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.