2.500 Pemukim Yahudi Serbu Nablus untuk Ritual di Makam Joseph

, MINA – Sekitar 2.500 semalam menyerbu wilayah Nablus Timur di bawah perlindungan militer untuk melakukan ritual di Makam Joseph, Tepi Barat yang diduduki. Demikian PIC melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA), Kamis (3/1).

Menurut situs web bahasa Ibrani 0404, di antara pemukim yang ikut melakukan ritual di makam tersebut adalah Komandan Divisi Tepi Barat Utara, Sagiv Dahan dan Kepala Dewan Daerah, Yossi Dagan serta para Perwira dan Rabi.

Dalam pernyataan pers, Dagan menyerukan agar orang-orang Yahudi dapat mengunjungi Makam Joseph di siang hari dan menentukan kondisi untuk kedaulatan Israel atas situs tersebut.

Terkait hal itu, beberapa warga Palestina menderita luka-luka saat bentrokan dengan sejumlah tentara dan pemukim Israel selama kehadiran mereka di tempat makam itu berada, Nablus Timur.

Dengan kejadian tersebut, Seorang reporter untuk saluran satelit Palestina menderita cedera di salah satu kakinya oleh peluru karet dan seorang paramedis juga terluka parah oleh dua peluru karet. Bahkan banyak orang yang terkena paparan gas air mata selama acara tersebut.

Pasukan dan pemukim Israel menyerbu wilayah timur Nablus hampir setiap pekan untuk melakukan ritual di makam karena mereka mengira disana merupakan tempat peristirahatan dari Patriark Alkitabiah Joseph.

Sementara penduduk setempat dan sejarawan Palestina menegaskan, makam itu milik seorang Syekh Muslim Yousef al-Duweik, pada abad pertengahan lokal. (T/iss/B01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)