PETUGAS-PETUGAS HANSIP JALUR GAZA BANTU WARGA HADAPI PERUBAHAN MUSIM

difa madani3Jalur Gaza, 19 Rabi’ul Awwal 1436/10 Desember 2014 (MINA) – Pertahanan Sipil Palestina menyiapkan 243 petugas di berbagai daerah di Jalur Gaza sejak awal musim dingin dan cuaca rendah,  untuk membantu warga terkena musibah pergantian musim seperti Jumat sore.

Berbagai macam tugas yang harus dijalankan di antaranya penyelamatan, ambulans, mengangkut air dari genangan di rumah-rumah, menyingkirkan reruntuhan akibat angin kencang, memadamkan api liar maupun api kebakaran dan lain sebagainya.Demikian Ketua Bidang Hubungan Umum dan Informasi Pertahanan Sipil “Muhammad Al-Maydinah” mengatakan.

Kesatuan Pertahanan Sipil tidak terputus bekerja siang dan malam untuk menjaga ruh-ruh warga dan menurunkan kemungkinan bahaya oleh sebab cuaca rendah dengan segenap kemampuan yang mereka miliki, tambahnya.

Al-Maydinah menjelaskan.

Ia juga mengungkapkan menambahkan, Kesatuan Pertahanan Sipil Jumat sore telah melakukan evakuasi terhadap 63 keluarga di Jalur Gaza dari ancaman air yang menggenang dan membanjiri rumah-rumah mereka,  yang dilakukan sesuai pedoman tugas terperinci dengan sembilan  langkah tugas untuk mengurangi air dari tempat-tempat tersebut.

Dikatakan, daerah yang paling parah tertimpa hingga Jum’at sore kemarin adalah Al-Junainah dan Al-Faujah di Rafah, demikian juga Al-Farohain dan Al-khuza’ah di Khanyunis, begitu juga di As-Salqa-Dir Balah.

Al-Maydinah mencatat bahwa Kesatuan Pertahanan Sipil melaksanakan 31 langkah tugas dalam menyingkirkan pohon-pohon yang runtuh, tiang-tiang yang terbawa angin dan mengamankan rumah-rumah warga dengan 47 langkah tugas.

Begitu juga mereka berhasil memadamkan enam kebakaran akibat korstleting listrik dan mengangkut empat orang  korban luka ke RS terdekat di Jalur Gaza.

Di akhir pernyataannya, Al-Maydinah menyampaikan pesan-pesan kepada warga agar menjauhkan materi-materi yang dapat menyebabkan kebakaran di rumah, selalu mengecek setiap bagian rumah yang rawan terhadap dan cuaca rendah, juga memastikan anggota keluarga pada keadaan aman dengan selalu berkomunikasi. (L/K03/P2)

Comments: 0