4.000 Pengunjung Jadi Saksi Nikah Unik Ramadhan Berkah

30 Peserta Berkahh di Yogyakarta (Foto: Rahmi/MINA)

Bantul, 10 Ramadhan 1438/5 Juni 2017 (MINA) – Sebanyak 4.000 pengunjung menjadi saksi janji suci bagi 13 pengantin nikah unik Ramadan Berkah yang diselenggarakan oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais).

“Tamu ada yang hadir dari dalam dan luar kota. Setidaknya 17 peserta difabel aja itu berasal dari empat kabupaten dan satu kota,” kata Ketua Pelaksana, Ryan Budi Nuryanto kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Ahad (4/6) malam.

Menurutnya, konsep Ramadhan tahun ini adalah semangat kebangsaan mengambil tema “Merajut Cinta untuk Keberkahan Indonesia” yang membuat melonjaknya peserta.

“Sebenarnya ada 70 pasang yang terdaftar kemarin, hanya karena alasan kelengkapan administrasi, maka yang kita nikahkan ada 13 dan 17 pengantin yang tasyakuran, jadi jumlah total 30 pasang,” kata Ryan.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan Gubernur Yogyakarta, Sekda , PMI DIY, Kopertis V, Wakil Wali kota Yogya dan Bantul, Kemanenag, perwakilan dari TNI, Polri, dan ribuan masyarakat lainnya.

Burung Tanda Setia

Bukan Fortais jika tidak menghadirkan konsep nikah yang unik. Mengambil waktu di Bulan Ramadhan sebagai bulan suci umat Islam adalah prosesi acara yang jarang dilakukan banyak orang. Tapi bukan itu yang membuat unik acara ini.

Sebanyak 30 peserta sebelum menikah, mereka diharuskan mengikrarkan Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai janji cinta NKRI.

“Tujuannya, pengantin ini nantinya akan menularkan ke generasi berikutnya jiwa-jiwa Pancasila, sehingga pengantin ini membawa misi religi, budaya kebangsaan dan destinasi wisata Yogyakarta”, katanya.

Setelah prosesi pernikahan selesai, keunikan lain yang menghibur para peserta dan pengunjung adalah menerbangkan ratusan burung emprit ke angkasa bebas sebagai tanda setia.

“Menerbangkan balon dan melepaskannya itu tadi sebagai simbol saja, apa yang para peserta cita-citakan sudah terwujud (menikah), rasa syukurnya dengan melepaskan burung emprit dan balon tadi harapannya mengangkasa lepas dan bisa bersinergi dengan alam hingga membawa keberkahan

Gratis

Sudah menjadi kebiasaan, Fortais memberikan paket pernikaan secara gratis, dari biaya pernikahan hingga paket bulan madu untuk 30 pengantin.

“Pengantin semua free, mereka mendapat mahar, seperangkat alat shalat dan bulan madu di hotel berbintang lima, semuanya gratis,” kata Ryan.

Sementara itu, ketua LDK Universitas Ahmad Dahlan (), Arum Priyadi mengatakan diadakannya acara ini untuk menghapus animo masyarakat yang menganggap adanya pelarangan nikah di Bulan Ramadhan.

“Memberikan pembelajaran kepada masyarakat, bahwa pernikahan di bulan suci Ramadhan itu masih tabu, padahal semua hari, bulan, tahun itu baik semua, selain itu misi kami adalah misi dakwah,” katanya.

Acara yang bekerjasama dengan Mi’raj Islamic News Agency (MINA) itu rencananya diselenggarakan pada 4 Juni 2017 dilaksanakan kerja sama dengan Takmir Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD ) .

Program ini, sebelumnya telah diluncurkan pada 30 Maret lalu dengan menggelar peragaan busana pengantin Muslim di trotoar kawasan jalan Malioboro, kota Yogyakarta.

Ryan menjelaskan, sebanyak 30 pasang calon pengantin berasal dari berbagai daerah di Yogyakarta dan ada pula yang dari Jawa Tengah.

“Ada yang dari muda sampai yang berumur 52 tahun. Dari yang latar pendidikannya SD sampai S2, bahkan purnawirawan,” (jelasnya. L/P3/B05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.