5 NEGARA UNI EROPA AJUKAN PROTES PERAMPASAN LAHAN OLEH ISRAEL

Ilustrasi (Foto: Anadolu Agency)
Ilustrasi (Foto: Anadolu Agency)

Al-Quds, 10 September 2014 M/15 Dzulqa’dah 1435 H (MINA) – Utusan dari lima negara Eropa (EU) telah mengajukan atas keputusan pemerintah penjajah yang baru-baru ini menyita 4.000 dunam (400 ha) tanah di Tepi Barat yang diduduki.

Para duta besar dari Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol, dan wakil duta besar Jerman mengajukan protes tertulis kepada Penasihat Keamanan Nasional Israel, Yossi Cohen dalam pertemuan di Kantor Perdana Menteri, harian Israel Haaretz melaporkan seperti Mi’raj Islamic News Agency (MINA) Rabu.

Para utusan mengatakan, keputusan penjajah Israel untuk menyita tanah itu membuat marah negara-negara Uni Eropa.

Pada hari Ahad(7/ 9) lalu, pemerintah penjajah Israel mengumumkan penyitaan 4.000 dunam lahan di Tepi Barat bagian selatan dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk memperluas pemukiman Gush Etzion.

Urutan penyitaan diambil oleh pemerintah penjajah Israel sebagai reaksi dari penculikan dan pembunuhan berikutnya dari tiga pemukim Yahudi dua bulan lalu di Hebron, kata radio Israel.

Pemerintah penjajah Israel memberi dan organisasi hak asasi manusia 45 hari untuk mengajukan keberatan hukum untuk keputusan di pengadilan Israel.

Pembangunan permukiman penjajah Israel di Yerusalem dan Tepi Barat baru-baru ini meningkat setelah pembicaraan damai dengan Palestina gagal.

Negosiator Palestina bersikeras bahwa pembangunan permukiman penjajah Israel di Tepi Barat harus berhenti sebelum perjanjian perdamaian menyeluruhnya dapat dicapai.

Hukum internasional menyebutkan, Tepi Barat dan Al Quds Timur sebagai “wilayah hukum internasional” dan menganggap semua pembangunan permukiman penjajah Israel di tanah itu ilegal.

Sekitar 500.000 warga Israel sekarang wilayah itu sejak penjajah Israel merebut Tepi Barat dan  Al Quds Timur pada tahun 1967.(T/P011/R03)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

 

 

Comments: 0