500 WARGA GAZA RAYAKAN IDHUL ADHA DI MASJID AL AQSA

www.5pillarz.com
www.5pillarz.com

Al Quds, 12 Dzulhijjah 1435/6 Oktober 2014 (MINA) – Sekitar 500 warga Palestina dari Jalur pergi menuju Al Quds () yang diduduki Israel untuk melaksanankan sholat di Masjid Al-Aqsa untuk pertama kalinya sejak 2007.

Dikutip Mi’raj Islamic News Agency dari Alray, Israel mengizinkan 500 warga Gaza untuk sholat di masjid suci itu selama hari raya Idul Adha, dimulai pada hari Sabtu.

Kementerian Urusan Sipil Palestina sebelumnya mengatakan pada Anadolu Agency bahwa Israel akan mengizinkan 500 warga Gaza untuk sholat di Masjid Al-Aqsa selama tiga hari.

Sejak memenangkan pemilihan legislatif Palestina tahun 2006, Israel telah memberlakukan blokade darat dan laut yang ketat pada Jalur Gaza.

Bagi umat Islam, Al-Aqsa merupakan masjid suci ketiga di dunia. Israel menduduki Yerusalem Timur pada 1967 dan kemudian menganeksasi Al Quds pada tahun 1980, mereka mengklaim Al quds sebagai ibukota negara Yahudi.

Sementara itu, sejumlah relawan Indonesia yang tergabung dalam lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) melaksanakan shalat Idul Adha 1435 Hijriah bersama rakyat Gaza, dilapangan Yarmouk, Kota Gaza, Sabtu (4/10).

“Alhamdulilah kami merasa terharu dan senang bisa melaksanakan shalat Idul Adha bersama rakyat Gaza dan Mantan Perdana Menteri Palestina Ismail Haniyah,” kata Edy Wahyudi, Project Manager pembangunan Rumah Sakit (RS) Indonesia di Gaza.

Pembangunan RS Indonesia terletak di Bayt Lahiya, utara Gaza, diawasi dan dikerjakan langsung oleh relawan Indonesia yang tergabung dalam Divisi Konstruksi MER-C bekerjasama dengan Ma’had Al-Fatah Indonesia.

Saat ini, sejumlah 19 relawan Indonesia masih mengemban amanah pembangunan RS Indonesia yang sedang memasuki tahap paling akhir, yakni penyediaan alat kesehatan. (T/P003/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0