7.000 Pelajar di Aceh Tes Urine Cegah Narkoba

Banda , MINA – 7.000 pelajar SMK Se-Aceh mendapat , kegiatan ini sebagai upaya pemerintah memerangi peredaran narkoba di provinsi Aceh, khususnya di kalangan pelajar.

Tes urine dilaksanakan Dinas Aceh bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Senin (12/11).

Tercatat, salama tahun 2018 ini, sudah sebanyak 51 SMK yang tersebar di 23 Kabupaten/Kota atau sebanyak -siswi sekolah kejuruan di Aceh di lakukan tes urine.

Syaridin Kepala Dinas Pendidikan Aceh menyebutkan, tes urine tersebut bertujuan untuk pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkotika dikalangan siswa SMK se-Aceh.

“Ini sebagai upaya pencegahan pemberantasan narkoba di kalangan pelajar. Dan siswa tidak perlu takut untuk melakukan tes urine yang kita laksanakan bersama petugas BNNP Aceh,” ujar Kadisdik Aceh, Syaridin.

Menurutnya, tes urine yang dilakukan secara acak untuk siswa kelas I alias kelas 10 SMA tersebut bagian dari penyuluhan, pencegahan, pemberatasan, penyalahgunaan dan peredaran narkotika dikalangan siswa SMK se-Aceh dan bukan untuk penangkapan para siswa.

“Kita meminta siswa tidak perlu takut pada kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dengan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Aceh ini. Sebabnya, ini hanya bagian dari penyuluhan dan pembinaan, bukan untuk menangkap para siswa,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Aceh, Teuku Miftahuddin menyebutkan, tes urine untuk siswa SMK se-Aceh tersebut berlangsung selama bulan November 2018.

“Pelaksanaan tes urine ini berlangsung di 51 SMK di 23 Kabupaten/Kota se-Aceh,” katanya. (L/AP/RS2)

Wartawan: Admin

Editor: Ali Farkhan Tsani

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.