Abbas Terima Telepon Menlu AS Jelang Kunjungan Biden ke Palestina

Ramallah, MINA – Presiden pada Kamis (30/6) menerima panggilan telepon dari Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken, membahas perkembangan terakhir dan kebutuhan untuk menciptakan cakrawala politik menjelang kunjungan Presiden Joe Biden ke wilayah tersebut.

Abbas menyambut baik rencana kunjungan Biden ke Palestina, berharap kunjungan itu akan berkontribusi menciptakan cakrawala politik yang diperlukan untuk mencapai perdamaian yang adil dan komprehensif berdasarkan landasan legitimasi internasional, solusi dua negara dan perbatasan pra-1967, Wafa melaporkan.

Dia mengatakan kepada Blinken, mengakhiri pendudukan Israel atas tanah Negara Palestina, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya, adalah suatu keharusan untuk menciptakan perdamaian.

Saat panggilan telepon, Abbas menyatakan harapannya bahwa kunjungan itu akan menerjemahkan keyakinan Biden tentang pentingnya mencapai solusi dua negara, mengakhiri perluasan pemukiman, mencegah pengusiran warga Palestina dari Yerusalem, melestarikan status historis Masjid Al-Aqsha, menghentikan tindakan sepihak, membuka kembali Konsulat AS di Yerusalem Timur dan menghapus PLO dari daftar organisasi teror.

Ia menambahkan, semua tindakan Israel sepihak dan praktik agresif terhadap rakyat kita, tanah mereka dan tempat-tempat suci mereka harus dihentikan, terutama penyerbuan ke Masjid Al-Aqsha, pembatasan kebebasan beribadah di Gereja Makam Suci, yang sedang berlangsung. penggerebekan di kota-kota Palestina, desa-desa dan kamp-kamp pengungsi dan pembunuhan berikutnya warga tak berdaya.

Abbas juga mengatakan kepada Blinken bahwa pemotongan Israel dari pendapatan pajak Palestina harus dihentikan, dan jika semua praktik Israel ini bertahan, kepemimpinan Palestina mungkin tidak memiliki pilihan selain menerapkan resolusi Dewan Pusat PLO.

“Situasi di lapangan tidak tertahankan dan tidak dapat ditoleransi, Presiden menunjukkan, menambahkan bahwa kami akan terus bekerja untuk melindungi kepentingan rakyat kami dan bagi rakyat Palestina untuk mendapatkan kebebasan dan kemerdekaan mereka,” ujarnya.

Menteri Luar Negeri AS Blinken mengkonfirmasi kunjungan mendatang Presiden Biden ke kawasan itu untuk bertemu dengan Mahmoud Abbas, dan  menemukan cara terbaik mendukung solusi dua negara dan membuat kemajuan nyata di semua tingkatan. (T/R7/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)