Abul Hidayat : Zakat Bersihkan Diri Dari Mental Bakhil

Bandar Lampung, 14 Ramadhan 1437/19 Juni 2016 (MINA) – bermanfaat untuk membersihkan diri dari mental bakhil. Demikian disampaikan KH. Abul Hidayat Saerodjie pada Tadrib Zakat dan Maliyah (Harta-red) yang diadakan Majelis Maliyah Pusat Jama’ah Muslimin (hizbullah) 1437 di Masjid At-Taqwa Komplek Pondok Pesantren Shuffah Hizbullah dan Madrasah Al-Fatah Muhajirun Negararatu Natar Lampung Selatan, Ahad (19/6).

“Zakat untuk membersihkan diri kita dari mental bakhil, cinta dunia, ananiah, membangun sifat kebersamaan, dan membebaskan diri dari belenggu materi,” ujarnya.

Oleh karenanya, hendaknya pribadi Muslim memposisikan materi sebagaimana yang diinginkan oleh Allah. Maka mengeluarkan zakat akan dilakukan dengan ringan.

Lebih lanjut Abul Hidayat mengingatkan Muslimin untuk menjadi kaya namun menyiapkan mental yang baik sebab harta merupakan ujian.

“Bicara harta biasanya menyenangkan bagi kita kalau dapat untung, tapi kalau bicara harta terkait , sadaqah, dan zakat kita enggan, hati-hati sebab harta itu hakikatnya ujian bagi kita,” katanya.

Abul Hidayat juga mengingatkan para Umara (Pimpinan-red) dalam Jama’ah Muslimin (Hizbullah) untuk mengamalkan QS. Albaqarah : 103 yang memerintahkan untuk turun ke bawah mengambil zakat.

“Para umara itu amilin, jangan hanya terima laporan, cek di bawah. Kalau ada ikhwan yang tidak tahu perhitungan zakat, jadi dosa umara karena tidak datang mengingatkan dan memberitahu,” katanya.

Sebab menurutnya, amilin itu bertugas mengambil memenej dan membagikan harta yang diambil dari kaum Muslimin.

Tadrib Zakat dan Maliyah 1437 H ini diadakan selama satu hari penuh dengan peserta sekitar 60 orang dari kalangan Umara atau Pimpinan, Amilin, dan Aghniya (orang kaya-red) se-Wilayah Lampung. (L/K08/R05).

Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Wartawan: hadist

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.