ACT Kirim Bantuan Kemanusian untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Jakarta, MINA – Aksi Cepat Tanggap () mengirimkan bantuan kemanusian untuk korban gempa pada Jumat (11/3). Sebanyak 36 ton bantuan logistik dengan konversi Rp1,5 milyar.

Bantuan kemanusian tersebut, diangkut dengan menggunakan enam truk. Bantuan yang dikirim terdiri dari beras, peralatan kebersihan dan sanitasi, pakaian baru, kebutuhan bayi, susu, perlengkapan ibadah, serta obat-obatan dan vitamin, demikian keterangan yang diterima MINA.

Leader Regional ACT Jakarta-Banten Muhamad Basair menjelaskan, bantuan ini merupakan derma masyarakat Indonesia melalui cabang-cabang ACT Regional Jakarta-Banten, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Tangerang Selatan

Selain itu, bantuan ini juga merupakan mitra kolaborasi bersama Asar Humanity, Frisian Flag Indonesia, PT Tira Satria Niaga, Yoko Fashion Shop, BALLA BOO, PT Berdikari Enggal Sukses Honda, JNE, Duopharma, dan 212 Mart.

“Dari kantor Aksi Cepat tanggap ada lima truk yang kami berangkatkan. InsyaAllah, satu truk dari salah satu perusahaan donatur langsung berangkat ke Pasaman Barat. Bantuan-bantuan ini kami kirimkan untuk membantu pemenuhan kebutuhan,”

Presiden Aksi Cepat Tanggap Ibnu Khajar menjelaskan, pengiriman bantuan untuk korban gempa diharapkan menjadi penguat para korban. “Kami sampaikan kepada saudara kami di Pasaman Barat, mereka tidak sendirian menghadapi bencana ini. Duka mereka, duka kita. Tangis mereka, tangis kita. Sakitnya mereka adalah sakitnya kita. Maka hari ini, kita segera berangkatkan bantuan. Tim medis sudah kami berangkat, relawan juga sudah kami berangkatkan. Layanan terus berjalan, dapur-dapur umum juga terus diaktifkan. Insyaallah, bismillah, bantuan akan kita lanjutkan sampai recovery,” kata Ibnu.

Selain itu, dalam pelepasan bantuan ini hadir juga. Dicky Irawan dari ASAR Humanity sebagai perwakilan donatur. Ia menyampaikan, ASAR Humanity juga turut bangga bisa berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap.

Sebelumnya, ACT juga telah memberangkatkan sejumlah armada kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan korban gempa Pasaman barat, Jumat (25/2). Armada yang diberangkatkan adalah Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, armada rescue double cabin, ambulans pre-hospital. Namun, bukan berarti dukungan untuk korban gempa berhenti di sini, bantuan terbaik masih terus dibutuhkan hingga keadaan benar-benar pulih. (R/R8/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)