Adyan Aqil, Wanita Palestina Paling Cerdas di Jazirah Arab

Oleh Rendy Setiawan, Jurnalis Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Adyan Aqil tampak seperti gadis lainnya. Namun ia memiliki bakat yang tidak banyak dimiliki orang lain. Remaja putri dari distrik Salfit, wilayah Tepi Barat itu memenangi peringkat pertama dalam sebuah kompetisi uji kecerdasan pada tingkat negara-negara .

Aqil yang saat ini masih berusia 18 tahun berhasil menjadi juara satu setelah menyingkirkan para pesaingnya dalam kompetisi ‘Uji Memori Kecerdasan Luar Biasa’ yang digelar di Aljazair dan diikuti oleh 307 peserta berbakat dari 17 negara. Ini merupakan momen kompetisi penting di level Arab.

Aqil mampu menghafal dengan cekatan dan cermat rumus-rumus Algoritma, menghafal puluhan ribu tanggal sejarah masa lalu dan masa mendatang, dan mampu menentukan nama hari dan tanggalnya dengan sangat akurat. Aqil mampu menghitung tanggal dan harinya dengan tepat meski untuk jangka waktu 500 tahun yang akan datang dalam waktu 1detik.

Dalam sebuah wawancara dengan Kantor Berita Sama News Agency (SNA), Aqil mampu menyebutkan jumlah hari Ahad yang jatuh pada tanggal satu hingga 100 ribu ke depan hanya dalam waktu 3 detik.

Keahlian lain yang dimiliki oleh Aqil adalah ia mampu memprediksi hari kelahiran hanya dari nama seseorang. Sebuah video yang tersebar luas di media sosial memperlihatkan bakat Aqil yang mampu menyebutkan ulang tahun 80% dari 11 ribu warga di desanya.

Menjadi Astronom

Bakat Aqil ternyata sudah ada sejak kecil. Kepada Wafa News Agency, Aqil mengaku pada awalnya ia menyukai hitungan yang hanya bersifat menghibur. Namun ia baru menyadari bakatnya sejak dua tahun belakang ini.

“Dua tahun lalu, saya baru menyadari bakat saya untuk menyebutkan hari dan tanggal untuk ratusan tahun ke depan dalam waktu kurang dari tiga detik,” kata Aqil.

Ketika ditanya oleh wartawan Wafa tentang hari apa tanggal 28 Juli 2028. Aqil menjawab ‘Jum’at’ dengan cepat. “Saya tidak tahu bagaimana saya mengetahui ini,” ujarnya.

Saat ini Aqil mengaku ingin mempelajari ilmu astronomi dan bisa ikut ajang Arab Got Talent mewakili Palestina agar bisa mengibarkan bendera Palestina.

Iyad Hamouda yang mengepalai Program The Important Person mengatakan bahwa Adyan adalah gadis berbakat. Dia bisa mengingat tanggal dan hari dalam 100 ribu tahun ke depan tanpa ada kesalahan apapun.

“Dia bisa berpikir lebih cepat dari remaja seusianya. Ini belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Hamouda. (P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.