AGENDA EKONOMI KTT APEC DBAYANGI AWAN MENDUNG TERORISME DAN SENGKETA MARITIM  

 Penjagaan ketat KTT APEC di Manila
Penjagaan ketat KTT di Manila

Manila, 6 Shafar 1437/1 November 2015 (MINA) – Para pemimpin Asia-Pasifik, Rabu, berkumpul di Filipina bagi pertemuan puncak tahunan, di tengah kekhawatiran agenda perdagangan tertutup awan mendung dan sengketa maritim.

Keamanan ditingkatkan di tempat pertemuan setelah militan Islam di Filipina selatan memenggal sandera Malaysia menjelang pembukaan KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC).

Kendaraan lapis baja, pasukan keamanan bersenjata berat dan ribuan polisi serta tentara menjaga jalan menuju tempat utama pertemuan puncak tersebut, demikian laporan Mi’aj Islamic News Agency (MINA), mengutip DPA.

Para pejabat Filipina mengatakan para pemimpin akan membahas inisiatif yang bertujuan memastikan agar pertumbuhan ekonomi yang kuat di kawasan ini bermanfaat bagi banyak orang dan tidak menyebabkan rusaknya lingkungan.

Akan tetapi Presiden AS Barack Obama mengubah suasana pertemuan ketika ia menekankan perlunya menjamin keamanan dan kebebasan navigasi di perairan yang disengketakan di wilayah itu, dan untuk terus memerangi kekerasan ekstremis.

Pada Selasa, para militan pimpinan Abu Sayyaf memenggal sandera Malaysia berusia 39 tahun di Pulau Jolo, 1.000 kilometer selatan Manila, menyusul gagalnya perundingan bagi pembebasannya, kata militer.

Korban, Bernard Ghen Ted Fen, telah disekap sejak Mei lalu.

Militer telah memerintahkan sensor berita pemenggalan itu, mengingat “dampak negatif” berita itu di tengah “perhelatan APEC yang dituan-rumahi” Filipina itu, kata sebuah sumber. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Widi Kusnadi

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0