Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aksi Protes di 10 Negara untuk Penghormatan terhadap Gugurnya Ratusan Wartawan

Insaf Muarif Gunawan Editor : Widi Kusnadi - 16 detik yang lalu

16 detik yang lalu

0 Views

Reporters Without Borders (RSF) mengadakan protes kilat di sepuluh negara berbeda dengan dihiasi jaket putih bertuliskan kata "Jurnalisme" dengan cat merah, yang melambangkan darah, Kamis (26/9/24). (Foto. rsf.org)

Paris, MINA – Organisasi Reporters Without Borders (RSF) Kamis (26/9) mengadakan aksi protes serentak di sepuluh negara berbeda, untuk memberi penghormatan kepada ratusan wartawan yang gugur di Palestina.

Aktifis RSF memakai jaket putih bertuliskan “Jurnalisme” dengan cat merah, yang melambangkan darah.

“RSF memberi penghormatan kepada para wartawan yang tewas di Gaza. Sejak 7 Oktober, tentara Israel telah membunuh lebih dari 130 wartawan di Palestina tersebut, sedikitnya 32 di antaranya dibunuh saat bekerja,” ucap Thibaut Bruttin, Direktur Jenderal RSF melalui laman rsf.

Dengan aksi itu, RSF bertujuan untuk mengingatkan masyarakat internasional tentang betapa seriusnya krisis ini: tingkat pembunuhan yang mengkhawatirkan terhadap para wartawan ini membahayakan hak atas informasi yang bebas dan independen.

Baca Juga: 13.500 Warga Suriah Tinggalkan Lebanon, Kembali ke Negaranya

Protes akan diadakan sepanjang hari di sepuluh negara: Jerman, Brasil, Spanyol, Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Senegal, Swiss, Taiwan, dan Tunisia.

“Pembantaian jurnalis di Gaza harus diakhiri. Serangan Israel tidak hanya menargetkan pers Palestina, tetapi juga hak masyarakat internasional atas informasi yang bebas dan independen,” ucapnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: AS Targetkan Genjatan Senjata 21 Hari antara Hezbollah-Israel

Rekomendasi untuk Anda