Aktivis Saudi di Seluruh Dunia Peringati Setahun Kematian Jurnalis Khashoggi

London, MINA – di seluruh dunia memperingati satu tahun kematian jurnalis dengan menyalakan obor.

Dalam pengumuman hari Rabu (2/9) untuk seri podcast baru berjudul “The Great Saudi Arabia“, Amnesty International mengatakan, aktivis dan pembangkang memperjuangkan hak mereka yang tidak dapat dicabut untuk mengekspresikan diri mereka sendiri, meskipun pihak berwenang terus menindak.

Proyek yang dipimpin oleh para aktivis Saudi dan didukung oleh Amnesty itu, menangani berbagai masalah hak yang mengganggu di Kerajaan Saudi, dengan episode pertama yang berfokus pada pembunuhan brutal terhadap mantan jurnalis Washington Post, demikian The New Arab melaporkan.

Podcast akan menghadirkan platform yang kuat bagi jurnalis, cendekiawan dan aktivis Saudi untuk melawan propaganda yang dipimpin negara dan kampanye informasi yang salah,” kata Hala Al-Dosari, seorang sarjana Saudi dan pembela HAM.

Ia mengungkapkan, proyek podcast itu akan melibatkan orang-orang Saudi dalam diskusi yang jarang dan bebas tentang masalah-masalah seperti partisipasi publik, penegakan hukum, feminisme dan masalah-masalah lain yang berkaitan dengan HAM.

Inisiatif itu menunjukkan keinginan para aktivis untuk meyakinkan dunia bahwa “langkah-langkah penindasan yang ekstrem” akan mencegah mereka mengekspresikan pandangannya atau menghalangi mereka menuntut pembebasan pembela HAM yang ditahan oleh negara Saudi. (T/RI-1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.