Aktor Lebanon Yang Jadi Agen Israel Ditangkap

Aktor komedian Ziad Itani terbukti sebagai . (Foto: Mahmoud Kheir/Daily Star)

 

Beirut, MINA – Aktor komedian dan penulis drama terkenal Lebanon Ziad Itani, telah ditangkap dengan tuduhan sebagai agen Israel yang tugas utamanya menggarap politisi-politisi  terkemuka Lebanon dengan tujuan utama Lebanon mengakui negara zionis tersebut, dan pembunuhan seorang menteri senior.

Dalam sebuah pernyataan pada Jumat (24/11) malam, Badan Keamanan Negra Lebanon mengatakan, Itani ditangkap dalam sebuah operasi khusus setelah beberapa bulan diawasi, tindak lanjut dan penyelidikan yang diadakan di dalam dan di luar Lebanon.

“Selama diinterogasi dan setelah dihadapkan dengan bukti-bukti, dia mengakui tuduhan sebagai agen Israel dan apa yang ditugaskan kepadanya di Lebanon,” kata Badan Keamanan Negara. Demikian Nahar Net memberitakannya yang dikutip MINA.

Dikatakan bahwa tugas-tugas Itani melibatkan pemantauan terhadap sejumlah tokoh politik senior negara itu dan menjalin hubungan dengan asisten mereka.

Menurut pernyataan tersebut, Israel secara khusus meminta Itani memberi mereka informasi lengkap tentang dua politisi terkemuka.

Itani juga ditugaskan membentuk jaringan di Lebanon yang membuka jalan untuk memajukan prinsip normalisasi dengan Israel dan mempromosikan pemikiran Zionis di kalangan intelektual Lebanon.

“Direktorat Jenderal Keamanan Negara sedang menindaklanjuti kasus tahanan tersebut di bawah pengawasan otoritas pengadilan yang kompeten dan rincian lebih lanjut akan diungkapkan kepada publik Lebanon pada waktunya,” tambah Badan Keamanan Negara.

Saudara laki-laki Itani, Riad, membenarkan kepada surat kabar An Nahar melalui telepon bahwa Ziad Itani telah ditahan sejak Kamis dan sedang menjalani interogasi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.