AL-SISI SERU RAKYAT GUNAKAN SEPEDA HEMAT BBM

MINA-RIDE BIKE
Seorang warga Mesir medorong sepeda (Gambar: AA)
Seorang warga Mesir medorong sepeda (Gambar: AA)

Kairo, 15 Sya’ban 1435/13 Juni 2014 (MINA) – , Jumat (13/6) mendesak warga Mesir untuk menggunakan sepeda saat pergi bekerja demi menghemat bahan bakar yang disubsidi pemerintah di tengah krisis ekonomi.

Pernyataan presiden yang baru dilantik itu, disampaikan dalam pidato televisi yang dia berikan setelah pertandingan balap sepeda 20 km di jalan raya antara Kairo dan Kota Ismailia bagian timur laut, Anadolu Agency yang dikutip MINA.

“Jarak ini sama dengan  bersepeda untuk pergi bekerja atau ke universitas, yang akan menyelamatkan negara sebesar £ 16 (sekitar $ 2) BBM bersubsidi setiap hari,” kata Al-Sisi selama pidato, yang ditayangkan di televisi negara.

Mantan Panglima Militer yang memimpin tentara untuk menggulingkan presiden demokratis terpilih Muhammad Mursi pada Juli tahun lalu, sebagian besar telah mengadopsi wacana pro-penghematan selama pemilu sebagai sarana untuk menyelamatkan perekonomian yang sakit.

“Mesir akan melalui fase sulit, tetapi rakyatnya bisa mendapatkan itu melalui kerja yang serius dan persatuan,” kata Al-Sisi, yang dinyatakan sebagai pemenang telak pemilihan presiden akhir Mei.

Mesir adalah negara paling padat penduduknya di dunia Arab, telah mengalami krisis bahan bakar sepanjang tahun meskipun negeri itu menjadi produsen minyak dan gas.

Kekurangan bahan bakar akut negeri itu sangat jelas di musim panas, yang mengalami pemadaman listrik yang cukup lama.

Para pejabat Mesir telah menyerukan langkah reformasi yang tidak populer di bidang anggaran subsidi energi sebesar 128 miliar pound ($ 18,2 miliar beberapa) selama tahun fiskal 2012-2013, dengan harapan bahwa jumlahnya akan mencapai £ 140 triliun (sekitar $ 19 miliar) pada akhir tahun fiskal saat ini di akhir Juni. (T/P09/R2)

Mi’raj islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0