Aliansi Masyarakat Lampung Bela Palestina Gelar Aksi di Tugu Gajah

Salah satu peserta dari membawa poster bertuliskan dukungan terhadap palestina di Bundaran Gajah, Bandar Lampung, Selasa, (12/12). (Foto : Ismi KH/MINA)

Bandar Lampung, MINA – Ribuan masyarakat Muslim yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Lampung Bela Palestina (AMLBP) adakan aksi di Tugu Gajah Bandar Lampung, Selasa (12/12).

Massa mengutuk keras pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), , yang dengan sewenang-wenang menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Aksi dimulai dengan longmarch dari Masjid At-Taqwa Tanjung Karang menuju Tugu. Dilanjutkan dengan orasi, pembacaan puisi, doa bersama untuk Palestina.

Aksi yang diikuti berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, wanita dan pria ini juga diisi dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Nasyid Untukmu Palestina.

Masa membawa atribut berupa bendera, spanduk, dan poster bertuliskan berbagai macam kecaman terhadap pernyataan Presiden Trump, juga tuntutan terkait kondisi Palestina dan tuntutan pembebasan Palestina.

Dalam aksi ini, perwakilan dari (AWG), Rustam Effendi menegaskan umat Islam tidak akan membiarkan sejengkal pun tanah Palestina dikuasai Zionis Israel.

Rustam juga mengecam Zionis yang terus berupaya menguasai Masjid Al-Aqsha yang berada di Yerusalem, salah satunya dengan pernyataan Presiden AS sebagai Negara sekutu Israel.

Sementara perwakilan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Lampung, Nizam Virgo Ardi pada kesempatan yang sama mengajak seluruh umat Islam Lampung harus berjanji untuk tidak memakai dan mngonsumsi produk AS dan Israel.

“Saya minta semua angkat tangan, kita ucapkan bersama, kami bersumpah untuk tidak memakan dan menggunakan produk-produk Amerika dan Israel,“ teriaknya diikuti seluruh peserta aksi.

Selain HMI, perwakilan dari Dewan Dakwah, Komisi Nasional untuk Rakyat Palestina (), AWG Lampung, dan perwakilan Gubernur Lampung ikut menyampaikan aspirasinya.

Ribuan massa yang tergabung dalam AMLBP juga merupakan gabungan dari berbagai ormas yang terdiri dari  AWG Lampung, FKMH Lampung, Syubban Lampung, GNPF Ulama Lampung, KNRP, AVI, PAHAM Lampung, Hidayatullah, IIBF Lampung, FKAR, Dewan Dakwah, FPI Lampung, ODOJ Lampung, FSLDK Puskomda Lampung, Komunitas Alumni 212 Lampung, Gamish, IMM, MIUMI, BKSPPI, FKPP, Al Irsyad  Al Islamiyyah, GPII, Khoiru Ummah, Al Khairiyah, KBPII, BKPRMI, KAMMI, FORKAPMI, MPI, KPGJL, FOSAR, SALIMAH, MIUMI, ANNAS, FORNUSA Lampung, GMI, RQN Lampung, IKADI, BKMT, DMI, FKUB, MA QORDHOVA, PETA, Niqob Squad Lampung, Pemuda Hijrah Lampung , PAGUYUBAN PAKU BANTEN, Yayasan Unggul Gemilang, SAY4GOWES, PUI Lampung, KPGJL FKPP, PERSIS, Komunitas Tahajud Berantai (KUTUB) Lampung, BIKERS SUBUHAN Lampung, GOWES NYUBUH Lampung, SEWOG GOWES Lampung, KPA Lampung, PUNK HIJRAH Lampung, RELAWAN AVI Lampung, Komunitas Lampung Tanpa Pacaran, BSMI, BROTHER & SISTER FIQH ISLAM, ACT, MRI, FORMAH UNILA. (L/isk/nin/asr/ism/B01).

Mi’raj News Agency (MINA).