Amin Nuroni: Membina Rumah Tangga Sama Dengan Membangun Peradaban

Cileungsi, MINA – Dai Al-Fatah, Ustaz Amin Nuroni mengatakan, membangun keluarga yang sakinah mawadah warahmah sama halnya dengan membangun peradaban dunia.

Hal itu disampaikan Ustaz Amin saat memberi materi pada acara dengan tema “Mengisi Mahligai Rumah Tangga yang Sakinah Mawadah Warahmah” di Auditorium Muhyiddin Hamidy, lantai 2 Kompleks Ponpes Al-Fatah Pasirangin, Cileungsi, Bogor, Ahad (16/2).

“Tujuan syariat pernikahan dalam Islam adalah sebagai wujud kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Syariat itu sendiri Allah wahyukan kepada Rosulullah bagi seluruh manusia untuk melaksanakan lima hal, yaitu menjaga agama (hifdzuddin), menjaga jiwa (hifdzun nafs), menjaga aqal (hifdzul aqli), menjaga keturunan (hifdzun nasl), dan menjaga harta (hifdzul mal),” katanya.

Ia mengatakan, pernikahan yaitu sebagai akad menimbulkan berbagai hak dan kewajiban antara suami istri, sebagai pelaksanaan bagi prinsip keseimbanga, kesetaraan, dan persamaan antara kedua belah pihak.

Esensi pernikahan dalam Islam adalah untuk membangun keluarga yang ideal, yaitu keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

Amin menambahkan, pernikahan secara umum yaitu ada lima poin: pertama, memenuhi tuntutan naluri syahwat manusia. Kedua, membentengi akhlak yang luhur dan menundukan pandangan. Ketiga, menegakan rumah tangga yang islami. Keempat, meningkatkan ibadah kepada Allah. Kelima, memperoleh keturunan yang shalih.

“Pernikahan itu akan bahagia dan berkah jika upayanya seimbang, Membumi dan Melangit, hablum minallah dan hablum minannas,” imbuhnya. (L/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.