Anggota Komisi I DPR Kritik Rencana Australia

Jakarta, MINA – Dengan alasan untuk mewujudkan solusi dua negara, berencana memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Kota Tel Aviv ke .

Anggota Komisi I DPR RI, dalam keterangannya kepada MINA, Kamis (18/10) menyebut bahwa alasan tersebut kontraproduktif dan bisa membahayakan perdamaian di kawasan tersebut.

“Pemindahan ini justeru akan semakin membahayakan situasi perdamaian di kawasan Timur Tengah, bukan malah menjadi solusi. Jadi perdamaian seperti apa yang mereka maksud?,” kata Sukamta.

Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri (BPPLN) ini menyayangkan rencana Pemerintah Australia tersebut yang menantang suara internasional lewat penolakan dari 128 negara anggota PBB dalam Sidang Umum.

Hal ini, kata Sukamta, akan menjadi preseden buruk bagi demokrasi di seluruh dunia. Negara-negara yang mengklaim sebagai negara demokratis justeru kebijakannya bertentangan dengan prinsip demokrasi yang menghendaki suara mayoritas.

“Tentunya ini tidak bisa dibiarkan. Jangan sampai sikap AS yang ingin memindahkan kedubesnya ke Yerusalem diikuti oleh negara-negara lain. Saya mendesak pemerintah Australia untuk mengurungkan rencananya itu,” katanya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, mengatakan Australia akan mempertimbangkan pengakuan resmi Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan mereka ke kota kuno itu dari Tel Aviv. (L/R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.