Anggota Komisi X Ingatkan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi Indonesia dan Asing

Jakarta, MINA – “Disparitas perguruan tinggi di Indonesia dengan perguruan tinggi asing sangat besar,” kata Anggota Komisi X Ledia Hanifa Amaliah, di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (5/3).

Ia meminta Pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas perguruan tinggi di dalam negeri, agar tidak ketinggalan dengan perguruan tinggi asing yang akan membuka cabang di Indonesia.

Wacana pemberian kesempatan perguruan tinggi membuka cabang di Indonesia pernah disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan, awal tahun ini.

Ledia meminta keberpihakan pemerintah terhadap perguruan tinggi dalam negeri, jangan sampai pemerintah lebih condong ke perguruan tinggi asing yang masuk ke Indonesia.

Ia melihat, ketika pemerintah menilai perguruan tinggi asing sudah lebih baik ketimbang perguruan di dalam negeri, masyarakat akan lebih memilih untuk kuliah di sana, dan ini akan menjadi ancaman bagi Indonesia.

“Agar perguruan tinggi dalam negeri menjadi lebih berkembang, harus juga ada proteksi dari masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (R/R05/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.