Anggota Uni Eropa di DK PBB Minta Israel Batalkan Aneksasi

New York, MINA – Anggota yang saat ini duduk di Dewan Keamanan PBB pada Rabu (24/6) meminta Israel untuk membatalkan rencana aneksasinya terhadap Tepi Barat, Palestina.

Lima anggota DK PBB tersebut Jerman, Belgia Perancis, Estonia, Irlandia, ditambah Inggris dan Norwegia menyatakan keprihatinan serius mereka menanggapi pernyataan Sekjen PBB Antonio Guterres dalam laporan terbarunya.

“Kami menyerukan kepada Israel untuk meninggalkan rencana aneksasinya,” kata negara-negara tersebut dalam pernyataan bersama yang disampaikan oleh Jerman pada pertemuan virtual DK PBB tentang Timur Tengah. Quds Press melaporkan.

“Kami memandang pencaplokan Israel atas Tepi Barat yang diduduki, besar atau kecil, itu akan merupakan pelanggaran yang jelas terhadap hukum internasional, termasuk Piagam PBB, serta resolusi Dewan Keamanan PBB,” bunyi pernyataan itu.

Pernyataan menambahkan, rencana itu juga akan sangat merusak pembaruan negosiasi, kemungkinan untuk mencapai solusi dua negara yang dapat diterima oleh kedua belah pihak, dan prospek negara Palestina yang layak.

Setiap langkah sepihak tersebut juga akan melemahkan upaya untuk memajukan perdamaian regional dan upaya yang lebih luas untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional.

Tujuh negara Eropa itu menekankan bahwa “akan memiliki konsekuensi negatif bagi keamanan dan stabilitas kawasan,” terlepas dari hubungan dekat mereka dengan Israel.

“Mengikuti kewajiban dan tanggung jawab kami berdasarkan hukum internasional, aneksasi akan memiliki konsekuensi untuk hubungan dekat kami dengan Israel dan tidak akan diakui oleh kami,” lanjutnya.

Mereka mengatakan bahwa hukum internasional adalah pilar mendasar dari tatanan berbasis aturan internasional.

“Dalam hal ini, kami mengingat posisi lama kami bahwa kami tidak akan mengenali perubahan apa pun pada perbatasan 1967, kecuali disepakati oleh Israel dan Palestina. Solusi dua negara adalah satu-satunya cara untuk memastikan perdamaian dan stabilitas berkelanjutan di wilayah tersebut,” imbuhnya.

Mereka menekankan, akan terus terlibat dengan para pihak dan komunitas internasional dalam mendukung solusi dua negara yang dinegosiasikan berdasarkan parameter internasional.

Mereka menyerukan untuk menahan diri dari langkah-langkah sepihak yang dapat semakin memperburuk situasi di wilayah itu. Disamping itu juga untuk tetap berkomitmen pada perjanjian Oslo dan untuk sepenuhnya mengimplementasikan semua resolusi 2334, termasuk yang berkaitan dengan kegiatan penyelesaian. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.