Angka Pengungsi Suriah Masuk Kristen Meningkat di Jerman

Pastor Matthias Linke saat membaptis salah satu di Berlin pada 27 November 2016. (Foto: AFP/Getty Images)

 

Berlin, 11 Rabiul Awwal/11 Desember 2016 (MINA) –  Gereja-gereja melaporkan meningkatnya angka pindah agama dari Islam ke Kristen di sejak para pengungsi menetap di sana untuk mencari suaka.

Belum ada data pasti mengenai jumlah, namun pembaptisan baru kerap kali terjadi akhir-akhir ini setelah mereka semakin banyak mendatangi Jerman untuk menghindari perang yang belum berakhir di negaranya.

The Independent melaporkan, sejumlah rekaman dan foto kegiatan pembaptisan di gereja Evangelical-Freikirchlichen Gemeinde di Berlin baru-baru ini.

Felix Goldinger, seorang imam Katolik di Speyer, mengatakan banyak pengungsi yang telah dia baptis datang dari dan Afghanistan, serta dari Suriah atau Eritrea.

Menurut laporan gereja, mereka belum bisa menjumlahkan secara pasti angka perpindahan agama para pengungsi di seluruh Jerman, tapi fenomena “memprihatinkan” ini sudah terjadi sejak 2013. Pada tahun itu, sebuah buku pedoman tentang membaptis para pencari suaka dirilis oleh gereja evangelis Jerman (EKD).

“Dalam beberapa tahun terakhir pencari suaka – baik sendiri atau sebagai sebuah keluarga – telah semakin beralih ke iman Kristen dan meminta komunitas gereja apakah mereka bisa dibaptis,”  demikian salah satu isi dalam buku pedoman itu.

Menurut laporan itu, sebagian yang pindah agama telah diperkenalkan kepada Kristen ketika tiba di Jerman atau di negara Eropa lainnya, sebagian lainnya telah dikenalkan bahkan sejak mereka berada di negaranya sendiri.

Hampir 900.000 pencari suaka tiba di Jerman tahun lalu, sebagian besar dari Suriah, Irak dan Afghanistan, ketika konselir Jerman Angela Merkel membuka perbatasan, mereka mempertaruhkan hidup mencapai Eropa di penyeberangan laut yang mematikan. (T/R04/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.