Angkatan Laut Israel Serang Nelayan Dekat Pelabuhan Gaza

Gaza, MINA – Angkatan laut pendudukan Israel pada Ahad (23/8) menyerang nelayan Palestina dan kapal mereka dari jarak kurang dari satu mil laut di lepas pantai barat pelabuhan Gaza.

Koordinator serikat nelayan di Gaza Zakariya Bakr, seperti Palinfo melaporkan, bahwa kapal perang Israel meningkatkan agresi mereka baru-baru ini terhadap kapal penangkap ikan dan meluncurkan serangan terhadap mereka dalam waktu kurang dari satu mil laut.

“Biasanya pasukan Pendudukan Israel menyerang dalam jarak tiga mil laut, namun saat ini Israel terus memperketat pengepungan terhadap laut Gaza hingga mereka menyerang dalam jarak kurang dari satu mil laut,” kata Bakr.

Bakr mengatakan, penutupan Israel atas laut Gaza, yang berlanjut selama tujuh hari berturut-turut, membuat para kehilangan nafkah sehari-hari dan meningkatkan penderitaan keluarga mereka.

“Sebelum ketegangan saat ini di Gaza, juga menyerang dan melecehkan nelayan hampir setiap hari, tanpa alasan,” jelas Bakr.

Di bawah persetujuan Oslo 1993, para nelayan Palestina diizinkan menangkap ikan hingga 20 mil laut di lepas pantai Gaza.

Namun, sejak saat itu Israel terus mengurangi wilayah penangkapan ikan secara bertahap hingga batas antara enam hingga tiga mil laut. (T/R12/P1).

Mi’raj News Agency (MINA).

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.