Angkatan Laut Mesir Ikut Latihan Militer Gabungan “Gelombang Merah”

Riyadh, MINA – Unit-unit dari Angkatan Laut Mesir tiba pada Selasa (1/1) di Arab Saudi untuk berpartisipasi dalam latihan militer gabungan dari negara-negara Laut Merah.

Latihan gabungan bernama “Gelombang Merah 1” itu juga diikuti oleh pasukan angkatan laut dari Arab Saudi, Yordania, Yaman, Djibouti, dan Sudan, menurut sebuah pernyataan oleh juru bicara militer Mesir.

Fase persiapan latihan meliputi kuliah dan konferensi tentang metode yang melibatkan unit angkatan laut dalam perencanaan maritim untuk mencapai pemahaman dan integrasi antara pasukan yang berpartisipasi.

“Latihan ini dilakukan sebagai bagian dari rencana pelatihan bersama yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata Mesir dengan banyak negara lain untuk mengembangkan hubungan militer, menghadapi tantangan bersama dan mendukung upaya keamanan dan stabilitas di kawasan itu,” bunyi pernyataan itu seperti dilansir Ahram Online.

Kegiatan ini juga mencakup implementasi beberapa kegiatan untuk merencanakan dan mengelola pertempuran laut bersama.

Tujuan lain dari latihan gabungan militer ini untuk meningkatkan keterampilan para komandan dan perwira, yang berkontribusi meningkatkan efisiensi pertempuran pasukan yang berpartisipasi. Latihan ini juga guna mencapai tingkat efisiensi tertinggi dan kesiapan untuk melakukan tugas-tugas bersama dalam keadaan yang berbeda.

Latihan militer dijadwalkan berlanjut hingga Kamis.

“Latihan ini bertujuan untuk memperkuat keamanan maritim dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Merah, melindungi perairan, meningkatkan kerja sama militer dan bertukar keahlian tempur,” kata Menurut Komandan Armada Barat Armada Saudi, Mayor Jenderal Saqr bin Mohammed al-Harbi sebagaimana MEMO melaporkan.(T/R11/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)