Anies Bagikan Kartu Dasa Wasma PKK untuk Program Pendataan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di area Gedung PKK Melati Jaya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Gubernur   Baswedan membagikan kartu ATM untuk Dasa Wisma DKI Jakarta di Auditorium Gedung PKK Melati Jaya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (10/5).

Pemberian kartu berbentuk ATM Bank DKI tersebut merupakan program pendataan keluarga terpadu satu pintu.

“Program di DKI harus mencerminkan kenyataan kondisi masyarakatnya. Kita berharap pendataan tentang potret masyarakat kita bisa mencerminkan kondisi yang sesungguhnya,” kata Anies.

Dasa Wisma merupakan kelompok ibu-ibu yang terdiri atas 10-20 keluarga yang bertetangga untuk mempermudah berjalannya suatu program. Dasa Wisma ada di setiap RT. Salah satu kegiatan dasa wisma adalah meningkatkan kesehatan keluarga.

Anies menyebutkan bahwa jumlah Dasa Wisma di DKI sekitar 70.900 orang yang tersebar di setiap RT. Mereka mengetahui secara pasti kondisi seluruh kondisi keluarganya.

mereka berada di seluruh wilayah, jumlahnya 70.900 orang lebih mereka ada di setiap RT/RW, mereka tahu persis kondisi tiap-tiap keluarga,” jelasnya.

Anies menyebut bahwa para Dasa Wasma akan menerima uang operasionalnya setiap tiga bulan sekali dengan besaran setiap bulan Rp 250 ribu.

“Selama ini PKK bekerja dengan uang sendiri, bayar pulsa, menyiapkan dokumen, Rapat, pertemuan, itu dari kantong sendiri. Sekarang pemerintah yang menyiapkan uangnya,” ucapnya.

Anies menjelaskan, saat ini para Dasa Wisma diberi tugas untuk melakukan pendataan melalui kuesioner. Dari pendataan itu, akan diketahui kondisi rumah hingga kesehatan.

“Nantinya kita akan punya informasi lengkap sampai misalnya rumah tangga mana saja yang tidak punya MCK, sampai siapa saja kondisinya yang sedang mengandung dan lain-lain, sehingga program yang kita buat sesuai dengan kenyataan yang ada,” ujarnya.

Dia berharap hasil data lengkap itu akan bisa dijangkau oleh para dinas Pemprov DKI seperti Dinsos, hingga Dinkes. Maka para dinas Pemprov mempunyai rujukan keluarga dasa wisma PKK. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rendi Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.