Anies: Kebutuhan Dasar Warga Terdampak Banjir Terpenuhi

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakart mengunjungi warga terdampak yang masih berada di tempat penampungan sementara, Rumah Susun Rawa Buaya, Jakarta Barat pada Jumat (3/1) siang.

Anies menegaskan, prioritas utama Pemprov saat ini adalah pemulihan fasilitas umum serta pemenuhan kebutuhan dasar para warga terdampak banjir selama di pengungsian.

Alhamdulillah jadi siang hari ini, saya bersama jajaran mengunjungi satu dari ada 109 tempat yang saat ini digunakan sebagai tempat penampungan sementara. Di Rumah Susun Rawa Buaya ini, ada lebih dari 1.300 warga yang berada di tempat ini. Mereka berasal dari wilayah sekitar sini yang masih tergenang dengan banjir,” katanya.

“Berangsur-angsur memang surut, tetapi mereka belum bisa kembali. Dan selama mereka belum kembali, maka kita siapkan kebutuhan-kebutuhan pokoknya. Itu yang kita lakukan. Dan proses fasilitasi ini terus terjadi di semua tempat,” imbuhnya.

Anies kemudian menyatakan saat ini Pemprov DKI Jakarta juga bekerja sama dengan belasan organisasi kemanusiaan agar distribusi bantuan kepada masyarakat bisa merata dan tepat sasaran. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya penumpukan bantuan di suatu wilayah, sementara wilayah lain masih merasa kekurangan (membutuhkan bantuan).

“Dengan cara semua yang bekerja untuk membantu, baik dari sisi pemerintah maupun masyarakat umum, saling berkoordinasi sehingga siapa membantu di mana, bantuan apa itu saling tahu, agar bisa terdistribusi dengan baik,” ujarnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Anies menyerahkan secara simbolis bantuan dari Forum Komunikasi BUMD kepada masyarakat terdampak banjir di Rusun Rawa Buaya, berupa pasokan makanan-minuman, alas tidur, kebutuhan lansia, kebutuhan anak bayi, dan selimut. Pemprov DKI Jakarta akan menambah bantuan apabila masih terdapat laporan kekurangan.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat pada saat ini sedang membutuhkan solidaritas. Gubernur Anies mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama solid meringankan beban saudara sebangsanya. Gubernur Anies kembali menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta akan terus all out untuk memastikan penanganan yang terbaik.

“Di DKI Jakarta kemarin, ini saya sampaikan datanya. Ketika terjadi hujan kemarin itu, kawasan yang terdampak lebih dari 150cm itu ada 20 RW. Kemudian yang terdampak 71-150cm ada 115 RW. Lalu yang terdampak 31-70cm ada 130 RW. Dan yang antara 10-30 cm ada 125 RW,” ujarnya.

Jadi totalnya ada 15 persen dari kawasan Jakarta yang terdampak. Nah ini yang harus kita perhatikan. Kita yang 85 persen tidak terdampak ikut membantu meringankan. Minimal dalam percakapan, apalagi bila bisa ikut meringankan dalam perbuatan,” katanya menambahkan.

Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan cairan desinfektan yang bisa digunakan untuk membersihkan rumah. Sehingga meskipun tertimpa bencana masyarakat tetap sehat, bebas dari penyakit. Pemprov DKI Jakarta juga akan terus memantau perkiraan cuaca per wilayah dari BMKG dan segera memberikan informasi dini kepada masyarakat. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.