Antisipasi Lonjakan Covid, Pemerintah Siapkan Isoter dan Obat

Jakarta, MINA – Pemerintah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat () di setiap provinsi di Indonesia berikut obat-obatannya untuk merawat masyarakat yang terpapar bergejala ringan hingga sedang.

“Kami sudah menyiapkan isolasi terpusat di setiap provinsi bagi mereka yang terpapar tetapi bergejala ringan hingga sedang,” kata Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Suharyanto kepada wartawan di Jakarta, Jumat (18/2).

Bagi masyarakat yang tidak bergejala, pemerintah menyarankan agar melakukan isolasi mandiri (isoman) dengan didukung obat-obatan dari pemerintah.

Secara klinis tingkat kematian akibat Covid-19 varian Omicron tidak separah Delta. Tetapi Omicron tetap berpotensi menimbulkan kematian bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta, belum divaksin, dan lansia.

Suharyanto mengatakan saat ini mayoritas masyarakat sudah divaksin, 90 persen dosis 1 dan 66 persen dosis 2. Sedangkan lansia, 74 persen dosis 1 dan 51 persen dosis 2.”Ini mengurangi potensi pemburukan jika terpapar. Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat yang belum vaksin agar segera melengkapi dosis vaksin, termasuk dosis ketiga,” katanya.

Pemerintah belajar banyak dalam menangani pandemi Covid-19 dalam waktu dua tahun terakhir, terutama saat puncak varian Delta. Kesiapan dan fasilitas kesehatan semakin baik. (R/P2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)