Arab Saudi Investasikan SR91 Miliar (Rp360 T) Untuk Tingkatkan Produk Makanan Lokal

Riyadh, MINA – Menteri Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian Arab Saudi, Abdulrahman Al-Fadhli mengatakan pemerintah setuju untuk mengivestasikan  SR91 miliar (Rp. 360 triliun) untuk meningkatkan produk makanan lokal, meningkatkan output dalam negeri, dan meningkatkan kapasitas ekspor.

Al-Fadhli mengatakan dalam sesi panel Forum Konten Lokal di Riyadh, Senin (5/9), pada tahun lalu sektor pertanian mencapai peningkatan SR72,25 miliar, mewakili proporsi 2,3% dari PDB.

Dia menambahkan, total pinjaman pertanian dari Dana Pembangunan Pertanian tahun ini diharapkan mencapai SR7 miliar, 18 kali lebih tinggi dari tahun 2015.

Dia menekankan, kementeriannya memiliki kebijakan untuk meningkatkan sektor swasta.

“Selama enam tahun terakhir, investasi telah melebihi SR120 miliar di sektor air, dan kami memiliki keuntungan untuk menjadi pelopor produksi air manis, dan untuk melokalisasi industrinya, memungkinkan kami untuk menggunakan bahan dan teknologi yang dikembangkan secara lokal dan dapat diekspor,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, SR105 miliar telah disetujui untuk diinvestasikan di sektor air minum selama dua tahun ke depan untuk meningkatkan layanan dan menyediakan air secara berkelanjutan di semua sektor.

Sektor pertanian memiliki strategi yang tujuannya dikaitkan dengan strategi ketahanan pangan.

Al-Fadhli menambahkan, pemerintah telah mengerjakan kebijakan, undang-undang, dan insentif untuk meningkatkan konten lokal di sektor ini dan membuatnya lebih berkelanjutan. (T/RS2/P1))

Mi’raj News Agency (MINA)