Arab Saudi Kenalkan Gelang Elektronik untuk Keselamatan Haji

Riyadh, 29 Ramadhan 1437/4 Juli 2016 (MINA) – Arab telah mengumumkan rencana untuk memperkenalkan gelang identifikasi elektronik bagi semua jamaah sebagai bagian dari upaya keselamatan.

Pejabat Saudi mengatakan bahwa gelang elektronik e-bracelets yang berisikan informasi pribadi dan medis, akan membantu pihak berwenang memberikan perawatan dan mengidentifikasi orang, drmikian  laporan Saudi Press Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Senin.

Gelang yang didesain anti air dan terhubung ke GPS itu juga akan menginstruksikan jamaah haji pada jadwal ibadah dan layanan bantuan multi-bahasa terutama untuk membimbing jamaah non Arab berbicara sekitar berbagai ritual acara tahunan ini

Setiap tahun, jutaan umat Islam melakukan perjalanan ke dan Madinah, situs suci Islam, yang berada di bawah otoritas Arab Saudi

Tahun lalu, pihak berwenang mengatakan 769 jamaah meninggal dunia akibat terinjak di distri Mina Mekkah, ketika ribuan jamaah berkumpul di sebuah persimpangan jalan. Sebagian besar korban adalah warga negara Iran.

Untuk mengatasi masalah keamanan, hampir seribu kamera pengintai baru telah dipasang di Masjidil Haram, pemantauan gerakan para jamaah, koran Saudi  melaporkan.

Antara dua sampai  tiga juta orang dari berbagai penjuru dunia menunaikan ibadah haji setiap tahun yang ritual wajibnya berlangsung selama enam hari. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.