ARTIS JERMAN MERASA TENANG KALAU PAKAI JILBAB

Film ini menangani integrasi dalam masyarakat Jerman, menggambarkan perempuan Muslim tidak ditekan.
Film ini menangani integrasi dalam masyarakat , menggambarkan perempuan Muslim tidak ditekan.

Berlin, 9 Muharram 1437/22 Oktober 2015 (MINA) –  Seorang artis Muslim, Ava Celik, dengan film terbarunya berjudul ”Hijab Brought Me Serenity”,  mengatakan, dia mulai merasakan ketenangan ketika mengenakan untuk pertama kalinya, meskipun masyarakat memandanginya dengan heran.

“Ketika saya memakai jilbab dan melihat wajah saya, awalnya ada perasaan yang aneh,” kata Celik, koran Bild melaporkan, sebagaimana disiarkan Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Kamis.

“Mungkin karena persiapan untuk peran ini, ketika saya mengenakan kostum, ada ketenangan yang tidak biasa. Di jalan juga saya melihat bergiliran orang yang menatap, selama dua atau tiga kali. Tapi aku tidak bisa menafsirkan apa yang mereka terlihat,” tambahnya.

Celik (25) dalam film itu berperan sebagai Sevda, seorang Muslim siswi SMA di Berlin yang dalam film tentang tokoh berjilbab itu, dalam film yang diproduksi oleh saluran TV resmi Jerman, ZDF.

Dia berperan sebagai Muslim cerdas, liberal dan orang tuanya tidak beragama. Gadis ini memilih Islam secara sukarela karena keyakinan untuk hidup sebagai penganut Islam yang taat.

Dalam film tersebut, Sevda menolak untuk duduk di sebelah teman pria atau berpartisipasi dalam pendidikan jasmani. Guru memperbolehkan Sevda diperlakuan khusus, sehingga siswa-siswa lain memberi penghargaan terhadap dirinya.

Film ini dibuat untuk menanamkan integrasi antar agama dalam masyarakat Jerman, yang juga menggambarkan perempuan Muslim tidak ditekan di negara itu.

“Saya lahir di Berlin dan tidak sendiri mengalami pengucilan. Istilah ini tentu saja bersifat jauh dari interpretatif, jadi saya pikir suatu toleransi selalu ada pada individu,” tegas Celik.

“Kehendak baik saja tidak cukup, tapi saya pikir jika kedua belah pihak memilikinya, itu adalah awal yang baik” ujar Celik.

Jerman memiliki penduduk Muslim terbesar kedua di Eropa setelah Perancis, adapun di di Jerman sendiri, Islam menjadi agama dengan pemeluk nomor tiga terbesar setelah Protestan dan Kristen Katolik. Menurut penelitian, terdapat antara 3,8 dan 4,3 juta Muslim di Jerman, atau sekitar lima persen dari total 82 juta penduduk negsara itu.(T/hna/P2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0