AS Akan Beli Sistem Rudal Iron Dome Israel

Washington, MINA – Militer Amerika Serikat (AS) akan membeli sistem rudal Iron Dome (Kubah Besi) dari Israel. Demikian Anadolu Agency melaporkan yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Angkatan Darat AS pada Rabu (6/2) menyatakan pihaknya berencana untuk memperoleh sistem pertahanan udara baru (Iron Dome) yang dikembangkan oleh Israel.

Iron Dome dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek untuk program Indirect Fire Protection Capability (IFPC), yang dirancang oleh AS untuk melakukan pertahanan melawan roket, rudal jelajah, dan pesawat tanpa awak.

Sistem akan dikirim ke area tempat tentara AS dikerahkan yang mana digunakan sebagai perlindungan untuk wilayah Amerika.

“Iron Dome akan dinilai dan diujicobakan sebagai sistem yang saat ini tersedia untuk melindungi anggota militer AS yang dikerahkan terhadap beragam ancaman serangan tembakan tidak langsung dan serangan udara,” kata Kolonel Patrick R. Seiber dalam sebuah pernyataan.

Sistem Iron Dome pertama kali dikembangkan oleh perusahaan teknologi pertahanan Israel Rafael, dan telah digunakan oleh militer Israel selama bertahun-tahun.

Menurut perusahaan pertahanan utama AS, Raytheon, terdiri dari 10 baterai Iron Dome digunakan oleh Israel, dengan masing-masing baterai memiliki jangkauan 60 mil persegi.

“Sementara Iron Dome telah digunakan secara operasional oleh Angkatan Udara Israel sejak 2011 dan terbukti efektif dalam pertempuran, sehingga perlu dicatat bahwa Angkatan Darat AS akan menilai berbagai opsi untuk solusi IFPC dalam jangka panjang,” tambah Seiber. (T/iss/B01/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)