AS Akhiri Pembekuan Pendanaan untuk White Helmet Suriah

Washington, MINA – Departemen Luar Negeri (AS) mengumumkan akan memulihkan bantuan bagi lembaga kemanusiaan Suriah, , sebesar $ 6,6 juta.

Pengumuman Kamis (14/6) itu mengakhiri pembekuan singkat atas bantuan kepada White Helmet, demikian The New Arab melaporkan.

Dana tersebut akan masuk ke White Helmet dan lembaga PBB UNIIIM yang membantu mengumpulkan bukti-bukti kejahatan perang di Suriah.

“Presiden telah memberi wewenang kepada Badan Pembangunan Internasional AS dan Departemen Luar Negeri AS mengeluarkan sekitar AS $ 6,6 juta untuk melanjutkan operasi vital yang menyelamatkan kehidupan dari Pertahanan Sipil Suriah (White Helmet) dan PBB (IIIM ),” kata sebuah pernyataan dari Departemen Luar Negeri AS.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump dilaporkan memerintahkan pembekuan AS $ 200 juta bantuan ke Suriah, beberapa di antaranya dana untuk White Helmet dan kelompok sipil lainnya di daerah oposisi.

Para sukarelawan White Helmet adalah responden pertama yang telah bekerja untuk menyelamatkan korban sipil dari pengeboman rezim Suriah dan Rusia terhadap daerah-daerah oposisi.

Sekitar 100.000 orang diduga telah diselamatkan oleh kelompok tersebut, sementara 230 relawannya telah tewas dalam misi penyelamatan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.