AS dan Israel Adakan Penyelidikan Internasional Diserangnya Kapal Tanker

Washington, MINA – (AS) dan telah sepakat untuk meluncurkan penyelidikan internasional bersama atas serangan terhadap Mercer Street yang dikelola Israel di lepas pantai Oman.

Menurut Juru Bicara AS Ned Price, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Israel dan Perdana Menteri Alternatif Yair Lapid dan menyetujui peluncuran penyelidikan, demikian MEMO melaporkan, Senin (2/8).

Mereka membahas serangan di Mercer Street, sebuah kapal komersial yang sedang transit secara damai melalui Laut Arab utara.

“Mereka setuju untuk bekerja dengan Inggris, Rumania, dan mitra internasional lainnya dalam menyelidiki fakta, memberikan dukungan, dan mempertimbangkan langkah selanjutnya yang tepat,” ungkap Price dalam pernyataan persnya di Washington.

Setelah percakapan telepon dengan Blinken, Lapid mengatakan melalui akun Twitternya bahwa selama dua hari terakhir, ia telah berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS @SecBlinken dan dengan rekan-rekan di seluruh dunia tentang serangan Iran.

“Rezim pembunuh di Iran dan tindakan teroris yang diekspornya adalah ancaman global. Saya senang bahwa AS dan Inggris mengutuk tindakan teroris ini,” tulis Lapid melalui akun Twitternya @yairlapid pada Senin (2/8).

“Ancaman dari rezim di Iran hanya akan meningkat setelah naiknya kekuasaan Raisi. Seluruh dunia perlu memasang tembok dalam bentuk – politik dan keamanan – melawan Iran,” tambahnya.

Lapid mengatakan, Israel akan melanjutkan dialog dengan sekutunya di seluruh dunia dan bekerja sama dalam langkah-langkah yang diperlukan melawan terorisme Iran. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.