AS: Kandidatnya Menang di Georgia, Demokrat Pegang DPR dan Senat

Georgia, MINA – Kandidat dari partai Raphael Warnock dan Jon Ossoff memenangkan persaingan putaran kedua di negara bagian Georgia, Rabu (6/1).

Kemenangan mereka akan memberikan Demokrat kendali atas dan memiliki pengaruh besar bagi suksesnya pemerintahan Presiden terpilih Joe Biden yang akan mulai  menjabat Presiden tanggal 20 Januari mendatang, Al Jazeera melaporkan.

Kemenangan itu memastikan membuat komposisi jumlah kursi Demokrat dibandingkan Partai Republik adalah 50-50. Dalam hal ini wakil presiden yang akan dijabat Kamala Harris dari Partai Demokrat punya satu suara di Senat, yang artinya posisi mayoritas dipegang partai itu.

Dalam pemilihan sebelumnya, Demokrat juga menguasai DPR meskipun keunggulannya sedikit terpangkas, dan mulai 20 Januari Joe Biden akan dilantik sebagai presiden yang mengukuhkan dominasi partai itu di jagat politik Amerika, di legislatif maupun di eksekutif.

Pemilihan kedua kandidat Demokrat di Georgia itu bersejarah. Warnock (51) mengabdi sebagai pendeta untuk gereja Atlanta yang sama yang pernah dipimpin oleh pemimpin hak-hak sipil Martin Luther King Jr. Ia akan menjadi senator kulit hitam pertama dari Georgia dalam sejarah dan Demokrat kulit hitam pertama dari Amerika Selatan.

Sedangkan Ossoff akan menjadi senator Yahudi pertama dari Georgia. Pada usia 33 tahun, dia akan menjadi senator termuda dan generasi milenial pertama di majelis.

Pada Rabu sore, AP melaporkan keunggulan Warnock atas Senator Republik Kelly Loeffler telah mencapai 1,2 poin persentase, atau sekitar 62.000 suara. Keunggulan itu diperkirakan meningkat seiring semakin banyak suara yang dihitung.

AP juga memproyeksikan Ossoff sebagai pemenang melawan Republik David Perdue, dengan keunggulan sekitar 25.000 suara atau sekitar 0,56 poin persentase. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)