AS Kirim 200 Tentara, Radar dan Rudal ke Saudi

Washington, MINA – Amerika Serikat pada Kamis (26/9) waktu setempat mengumumkan pengiriman 200 orang tentara serta rudal Patriot ke Arab untuk membantu pertahanan negara itu setelah serangan bulan lalu terhadap instalasi minyak.

Departemen Pertahanan mengatakan pengerahan itu termasuk satu baterai rudal permukaan ke udara, bersama dengan empat radar Sentinel yang digunakan untuk sistem pertahanan udara dan rudal. Gulf News melaporkan.

Selain itu, dua baterai Patriot dan satu sistem intersepsi rudal balistik THAAD sedang disiapkan seandainya ada keputusan untuk juga memasok ke Saudi, kata juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman.

“Penempatan ini akan memperkuat pertahanan udara dan persenjataan rudal Arab Saudi  atas infrastruktur militer dan sipil yang kritis,” katanya.

“Penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah ini merupakan komitmen kami terhadap mitra regional, keamanan dan stabilitas di Timur Tengah,” tambahnya.

“Negara-negara lain telah menyalahkan Iran di wilayah tersebut, dan kami meminta mereka untuk memberikan kontribusi  untuk memperkuat pertahanan Arab Saudi,” ujarnya.

AS telah menuduh Iran berada di belakang serangan drone dan serangan rudal jelajah pada 14 September lalu, yang sangat merusak dua instalasi minyak Saudi, Aramco, sehingga jumlah pasokan minyak negara itu kedunia anjlok.

Iran telah membantah bertanggung jawab atas serangan pada fasilitas mimyak Aramco.  Presiden Hassan Rouhani pada hari Kamis (26/9) menantang AS dan lainnya untuk memberikan bukti untuk mendukung tuduhan mereka. (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.