AS Kirim 30 Kendaraan Lapis Baja ke Irak untuk Keamanan Zona Hijau

Baghdad, MINA – Kedutaan Amerika Serikat di Irak mengumumkan negaranya telah memberi tentara Irak 30 kendaraan lapis baja dengan tujuan memperkuat keamanan Zona Hijau di ibukota Irak Baghdad.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk membantu tentara Irak menjaga keamanan Baghdad dan Irak,” kata kedutaan dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa pemerintah Washington telah memberi tentara Irak 30 mobil lapis baja untuk membantu mengamankan zona internasional itu, MEMO melaporkan.

Kedutaan menjelaskan, kendaraan tersebut dikirim ke Divisi Komando Khusus (SCD) di Pangkalan Udara Al-Assad di provinsi Anbar Irak barat.

Kedutaan juga mengatakan, kendaraan tersebut akan digunakan oleh tentara Irak dalam patroli mereka. Disebutkan bahwa ketentuan tersebut adalah satu bagian dari rencana yang lebih besar oleh Kantor Kerja Sama Keamanan militer AS dengan Irak untuk mendukung SCD dalam mengamankan pusat Baghdad.

“Kami akan terus bekerja sama untuk memastikan masa depan yang stabil dan aman bagi rakyat Irak,” tegas kedutaan.

Beberapa roket sering ditembakkan ke Zona Hijau, di mana kompleks kedutaan AS berada. Washington selalu menyalahkan Iran atas serangan itu.

Pekan lalu, delapan rudal jatuh di dekat kompleks kedutaan. Tidak ada staf kedutaan yang dilaporkan terluka, tetapi serangan itu menyebabkan kedutaan mengalami kerusakan ringan. Pemerintah AS mengutuk serangan itu dan meminta pertanggungjawaban pasukan Iran. Namun Iran membantah terlibat.

Ketegangan antara Washington dan Teheran meningkat setelah pembunuhan pemimpin militer Iran, Qasem Soleimani, pada awal tahun dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad. (T/R7/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)