AS Marah dan Kecam Kunjungan Ben Gvir ke Masjid Al-Aqsa

Kunjungan Menteri Pertahanan Israel Itamar Ben Gvir ke Masjid Al-Aqsa memicu karahan (Foto: File/ Nabd)

, MINA – Pejabat di Gedung Putih Amerika Serikat (AS) marah dan mengecam kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar ke Masjid Al-Aqsa pada Selasa (3/1).

Para pejabat AS tersebut menyebut tindakan Ben Gvir adalah langkah Ben Gvir adalah upaya untuk “menyebabkan kekacauan”.

Tel Aviv telah memberi tahu Washington sebelumnya bahwa Ben Gvir bermaksud menyerbu halaman Masjid Al-Aqsa “dalam kunjungan singkat yang tidak akan melanggar status quo,” menurut laporan media Israel Ynet.

Laporan itu mengutip para pejabat AS yang mengatakan, penyerbuan Al-Aqsa oleh Ben Gvir “tidak masuk akal.”

Pernyataan resmi Gedung Putih pada Selasa (3/1) malam menilai, setiap langkah yang mengubah status quo di tempat-tempat suci di kota Yerusalem yang diduduki “tidak dapat diterima”.

Juru bicara kepresidenan AS Karen Jean-Pierre mengatakan, Amerika Serikat dengan tegas mendukung mempertahankan situasi, tetapl menghormati tempat-tempat suci di Yerusalem.

“Setiap langkah sepihak yang membahayakan status quo tidak dapat diterima,” tegasnya seperti dikutip Arab48.

Sementara itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan, “Kami sangat prihatin dengan kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke kompleks Masjid Al-Aqsa, yang dapat memperburuk ketegangan dan memicu kekerasan.”

Dia melanjutkan, tindakan seperti itu tidak dapat diterima. Kami menjelaskannya kepada Israel dan Yordania. Ini bukan diskusi akademis, kami tahu dari kasus sejarah, bahwa tindakan sepihak dapat memperburuk ketegangan dan memicu kekerasan seperti yang kita lihat pada tahun 2000 (mengacu pada wabah dari intifada Palestina kedua setelah Sharon menyerbu Masjid Al-Aqsa). Kami telah menjelaskannya kepada Israel.

Dia menegaskan, sangat menentang tindakan sepihak yang merusak status quo sejarah tempat-tempat suci di Yerusalem, dan menambahkan pesan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang menentukan kebijakan pemerintah Israel saat ini, bahwa pihaknya akan bertindak atas dasar ini.

Sementara itu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, memutuskan pada hari Selasa (3/1), untuk segera bergerak di Dewan Keamanan PBB untuk mengutuk dan menghentikan serangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa di kota Yerusalem yang diduduki.

Menurut Kantor Berita resmi Palestina, sementara Komite Eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina akan mengadakan sesi Kamis (5/1) besok untuk mempelajari “serangan” pasukan Israel di Masjid Al-Aqsa.

Di bawah pengamanan ketat dari polisi Israel, Ben Gvir menyerbu halaman masjid selama seperempat jam pada Selasa pagi, dalam tindakan yang dikutuk oleh warga Palestina dan ibu kota Arab dan Barat, termasuk Paris, Washington, dan negara-negara Arab yang menandatangani normalisasi. perjanjian dengan Israel disebut “Abraham Accords” (Maroko, Emirat, dan Bahrain).

Presiden Palestina memutuskan menugaskan Misi Palestina di New York untuk mengambil tindakan segera di PBB dan Dewan Keamanan agar mengutuk dan menghentikan serangan terhadap Masjid Al-Aqsa oleh anggota pemerintah Israel dan kelompok ekstremis, secara serius. pelanggaran status sejarah dan hukum di Yerusalem yang diduduki.” Abbas menekankan “pentingnya langkah internasional ini untuk menghentikan eskalasi Israel yang berbahaya terhadap kesucian Islam dan Kristen.”

Pada Selasa (3/1) malam, Yordania dan UEA menekankan perlunya menghentikan tindakan “ilegal” Israel yang akan merusak prinsip solusi dua negara, selama panggilan telepon yang dilakukan Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi, dengan mitranya dari Emirat, Abdullah bin Zayed, di mana mereka juga membahas cara untuk memperkuat hubungan bilateral, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Yordania.

Pernyataan tersebut menyebutkan, kedua menteri menekankan perlunya mengaktifkan upaya yang ditujukan untuk mencapai perdamaian yang komprehensif, adil dan abadi berdasarkan solusi dua negara, yang menjamin perwujudan negara Palestina merdeka untuk hidup dalam keamanan dan perdamaian bersama Israel. Kedua menteri menekankan perlunya menghentikan semua tindakan “ilegal” Israel yang merusak prinsip solusi dua negara.

Mereka juga mengecam penyerbuan Masjid Al-Aqsa oleh Ben Gvir, dan menegaskan, bahwa itu adalah “pelanggaran hukum internasional dan eskalasi yang berbahaya.” Kedua menteri menyerukan untuk menghentikan semua pelanggaran Israel terhadap Masjid Al-Aqsa yang diberkati, yang dengan luas keseluruhan 144 dunum, merupakan tempat ibadah murni bagi umat Islam, menurut pernyataan tersebut.

Mereka juga menuntut agar Israel menghormati status quo sejarah dan hukum di situs suci Islam dan Kristen di Yerusalem dan tanggung jawabnya sebagai “kekuatan pendudukan”. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.