AS Jual Rudal Seharga AS $ 300 Juta ke Qatar

Emir Tamim bin Hamad Al-Thani. (Foto: The Hoya)

Washington, MINA – Amerika Serikat (AS)  menjual peluru kendali senilai AS $ 300 juta kepada Qatar pada Senin (9/4) malam, saat malam pertemuan Presiden Donald Trump dengan Emir Tamim bin Hamad Al Thani di Gedung Putih.

Qatar adalah sekutu militer AS yang sudah lama menjadi tuan rumah bagi pangkalan udara AS terbesar di Timur Tengah, tetapi hubungan itu telah terganggu oleh krisis dengan tetangga-tetangga Arabnya.

Dipimpin oleh sekutu AS Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA), Qatar diblokade diplomatik dan perdagangannya tahun lalu. Pada awalnya Trump muncul berpihak di sisi Riyadh, demikian The New Arab melaporkan.

Para pejabat Saudi dan UEA menuduh Qatar dekat ke Iran dan mendanai kelompok-kelompok ekstremis Islam. Namun Qatar membantahnya dan Washington ingin menengahi perseteruan tersebut.

bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis hari Senin dan berbicara dengan Trump Selasa (10/4).

Kunjungannya dilakukan setelah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman melakukan kunjungan tiga pekan di AS dan juga membe;li persenjataan.

Sebagai pemanasan atas kunjunganEmir Qatar itu, Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan 5.000 Advance Precision Kill Weapon Systems (APKWS) ke Qatar, termasuk 5.000 hulu ledak berkekuatan tinggi. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.