AS Tuduh Iran Terlibat dalam Hilangnya Mantan Agen FBI

Washington, MINA – Amerika Serikat pada Senin (14/12) untuk pertama kalinya menuduh terlibat langsung dalam “kemungkinan kematian” mantan agen FBI Bob Levinson, yang menghilang 13 tahun lalu.

Merilis temuan sebulan sebelum Presiden terpilih Joe Biden menjabat, pemerintahan Donald Trump mendesak penggantinya untuk memprioritaskan pembebasan setidaknya tiga orang Amerika dalam tahanan Iran sebagai bagian dari dimulainya kembali diplomasi yang diharapkan.

“Pemerintah Iran berjanji untuk memberikan bantuan dalam membawa pulang Bob Levinson, tetapi tidak pernah ditindaklanjuti,” kata Direktur FBI Christopher Wray dalam sebuah pernyataan, Nahar Net melaporkan.

“Yang benar adalah bahwa perwira intelijen Iran – dengan persetujuan pejabat senior Iran – terlibat dalam penculikan dan penahanan Bob,” katanya.

Departemen Keuangan mengumumkan bahwa mereka menjatuhkan sanksi pada dua orang Iran yang diidentifikasi sebagai agen intelijen, Mohammad Baseri dan Ahmad Khazai, dengan mengatakan mereka “terlibat dalam penculikan, penahanan dan kemungkinan kematian Levinson.”

Sanksi itu sendiri sebagian besar bersifat simbolis karena agen Iran tidak mungkin memiliki rekening bank di Amerika Serikat, meskipun langkah tersebut akan menghambat pergerakan internasional mereka.

Seorang pejabat senior AS, berbicara kepada wartawan dengan syarat anonim, meminta pemerintahan Biden yang akan datang untuk mengatasi pertanyaan orang Amerika yang hilang.

Levinson menghilang ketika George W. Bush menjadi presiden dan akan berusia 72 pada tahun ini. Ia adalah salah satu kasus orang Amerika yang paling misterius hilang oleh musuh bebuyutan.

Ayah tujuh anak itu menghilang pada Maret 2007 di Kish, sebuah pulau yang memiliki peraturan visa yang lebih lunak daripada wilayah Iran lainnya, dan dikatakan telah menyelidiki pemalsuan rokok.

Namun, The Washington Post melaporkan pada tahun 2013 bahwa Levinson yang telah pensiun dari FBI, bekerja untuk CIA dan telah melakukan misi jahat yang bertujuan mengumpulkan intelijen di Iran.

Para pejabat Iran berulang kali mengatakan mereka tidak memiliki informasi tentang Levinson. (T/RI-1/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.