AS Tunjuk Perwakilan Baru Untuk Koalisi Anti-Daesh

Washington, MINA – Duta Besar James Jeffrey, perwakilan khusus Amerika Serikat (AS) untuk Keterlibatan Suriah akan mendapatkan peran tambahan yaitu sebagai utusan khusus untuk koalisi pimpinan AS melawan Daesh/ISIS kata Departemen Luar Negeri AS.

Posisi akan berlaku efektif, Jumat (4/1).

Sebelumnya Brett McGurk, yang bertugas di posisi itu selama tiga tahun terakhir, mengundurkan diri pada 22 Desember menyusul keputusan Presiden AS Donald Trump untuk menarik pasukan AS dari Suriah. Demikian Aanadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Keputusan ini juga menyebabkan Menteri Pertahanan James Mattis mengundurkan diri.

“Dengan tanggung jawab tambahan ini, Duta Besar Jeffrey akan memimpin dan mengoordinasikan hubungan Departemen Luar Negeri AS dengan Koalisi Global untuk mengalahkan upaya ISIS dan Departemen untuk mengimplementasikan pengumuman Presiden Trump tentang penarikan pasukan AS yang bertanggung jawab dari Suriah,” kata Robert Palladino dalam pernyataan, menggunakan ISIS sebagai nama lain untuk Daesh.

Penarikan pasukan AS dilakukan pada malam sebelum kemungkinan operasi militer Turki di timur laut Suriah melawan kelompok teroris YPG / PKK.

McGurk yang bekerja di bawah tiga administrasi AS terakhir, menjadi salah satu dari sedikit pejabat yang ditunjuk oleh mantan Presiden AS Barack Obama untuk mempertahankan posisinya di bawah kepemimpinan Presiden Donald Trump.

Sebelumnya dia juga bertugas di bawah pemerintahan George W. Bush. (T/R03/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)