Askar Kauny Ajak Masyarakat Hafal Al-Quran

Jakarta, (MINA) – Ma’had Tahfizhul Quran Askar Kauny mengajak masyarakat menghafal Al-Quran. Kali ini bukan hanya menghafal satu surat seperti Ar-Rahman dan Al-Waqiah, tapi Askar Kauny membumikan hafalan Al-Quran serentak sedunia.

“Melalui Hafizh on the Street (#HOTS), Askar Kauny membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bersama-sama menghafal Juz 29 serentak sedunia, dengan surat Al-Mulk sebagai pembuka,” kata Rini Pratama S Koordinator dan Penanggung Jawab Menghafal Serentak Juz 29 Askar Kauny dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (8/8).

Dia juga mengatakan, setelah menjaring puluhan ribu orang dari 22 negara di dunia yang bergabung menjadi anggota komunitas Hafizh on the Street, Askar Kauny kini menargetkan 20 ribu orang ikut tergabung membumikan hafalan Juz 29.

“Target tersebut diharapkan dapat lebih tinggi dari capaian lomba hafalan Ar-Rahman yang diikuti hampir enam ribu orang. Angka sebesar itu membuktikan bahwa siapa saja bisa menghafal Al-Quran karena mudah semudah tersenyum,” terang Rini.

Menurutnya dengan metode yang tepat dan mudah, siapa pun bisa mengikuti dan menghafal Al-Quran. Askar Kauny dan #HOTS mengajak seluruh lapisan masyarakat di dunia tanpa mengenal batas usia dan latar belakang, untuk menghafal 11 surat dalam Juz 29 yang dimulai dengan surat Al-Mulk.

Surat Al-Mulk yang berarti “kerajaan” adalah salah satu favorit yang memiliki banyak keutamaan.

“Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur di malam hari adalah sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang sangat dianjurkan. Surat Al-Maniah adalah sebutan surat Al-Mulk dari para sahabat terdahulu yang artinya penghalang atau penyelamat dari siksa kubur,” jelas Rini.

Dengan membaca surat Al-Mulk setiap hari. Maka akan diselamatkan dari siksa kubur, siapapun diberikan kesempatan yang sama untuk dapat diselamatkan dari siksa kubur. Mengikuti hafalan surat Al-Mulk adalah sebuah langkah yang baik tentu dengan metode yang tepat dan mudah.

Melalui grup-grup dalam aplikasi WhatsApp, setiap hari peserta akan menerima video berisi satu ayat dari surat Al-Mulk beserta arti dan gerakan tangannya. Gerakan tangan dimaksudkan untuk memudahkan dalam menghafal memberi gambaran pada arti setiap ayat yang dihafal.

Setelah mempraktikan apa yang ada di video, peserta akan menyetorkan hafalannya kepada reviewer yang bertugas memeriksa hafalan termasuk bacaan tajwid, makhrojal huruf dan arti dari setiap ayatnya.

Pendaftaran peserta ‘Menghafal Juz 29 Semudah Tersenyum’ dimulai 7 Agustus – 7 September 2017. Dengan mengirimkan sms ke no 0878 8411 9544, dengan format: JUZ29#Nama#Jenis Kelamin#No.WA#Domisili. Setelah mendaftar peserta akan di-invite ke dalam grup hafalan WhatsApp paling lambat dalam 2×24 jam.

Dia berharap program ini dapat menjadi pencetus dari gerakan membumikan hafalan Alquran, menjadikan semua orang lebih dekat dengan Alquran. “Tidak hanya membacanya, namun juga menghafalnya dan juga memahami maknanya. Mari kita berlomba-lomba bersama dalam kebaikan luangkan waktu untuk bersama-sama “menghafal Al-Quran semudah tersenyum,” ujar Rini. (R/R03/P2)

Miraj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.