ASRINA QARIAH INDONESIA JUARA I MTQ INTERNASIONAL KE-57 DI MALAYSIA

(Foto: Utusan Malaysia)
Mohsen Hassani Kargar (kiri) dan Asrina Asril Buyong bersama hadiah masing-masing setelah menjadi dan terbaik Musabaqah Tilawatil Quran () Internasional Ke-57 di Kuala Lumpur, Malaysia.(Foto: Utusan Malaysia)

Jakarta, 3 Ramadhan 1436/20 Juni 2015 (MINA) –Asrina Asril Buyong, Qariah Internasional yang mewakili Indonesia menjadi Qariah terbaik dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional (Al-Quran Recital and Memorisation Assembly) Ke-57 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, yang berakhir Senin (15/6) lalu.

Asrina Asril Buyong yang tampil dalam kategori Qariah berhasil mengumpulkan nilai  91.55 persen, angka tersebut menempatkan Asrina di urutan pertama.

Asrina menjadi Peserta Terbaik I menyingkirkan peserta dari Filipina (Rahima Panondiongan Amerol) sebagai Terbaik II dengan nilai 89 persen, Malaysia (Siti Husnaa Hassan) peserta Terbaik III dengan nilai  88,08 persen.

Sementara perwakilan dari Brunei Darussalam (Siti Noor Dzuhairah Binti Awang Hj Damit) menjadi peserta Terbaik IV, dan Thailand (Sameela Talohding) peserta Terbaik V.

Atas raihannya tersebut, Asrina berhak mendapatkan hadiah berupa emas bernilai RM 70.000 atau sekitar Rp 248 juta, piala bergilir, dan uang tunai sebesar RM 40.000 atau sekitar Rp 142 juta.

Semua hadiah disampaikan Sultan Kelantan Sultan Muhammad V diiringi Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Razak dan Menteri di Departemen Perdana Menteri Datuk Seri Jamil Khir Baharom.

MTQ Internasional ke-57 itu diikuti oleh 70 peserta dari 56 negara yang dilangsungkan sejak 9 hingga 13 Juni 2015 lalu.

Untuk ketegori Qari Terbaik I diraih negara Iran (Mohsen Hassani Kargar), Terbaik II dari Malaysia (Wan Ainuddin Hilmi Abdullah), Terbaik III dari Filipina Numan Makasugat Pimbayabaya, terbaik IV dari Brunei Darussalam (Awanfku Muhd Adibul Amin Bin Pengeran Hj Marjuki), Terbaik V dari Algeria (Brahim Medjahed).

Sedangkan untuk kategori Hafalan, Terbaik I diraih oleh wakil dari Qatar, disusul oleh wakil dari Kuwait dan Tunisia. Pada kategori hafalan putri diraih oleh wakil dari Malaysia (Farihah Zulkifli), kedua dan ketiga diraih oleh wakil dari Mauritania dan Tunisia.

Qariah Terbaik I, Asrina Asril Buyong, merupakan pegawai Direktorat Pemberdayaan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI dan beberapa kali memperoleh peringkat lokal, nasional, maupun internasional.

Asrina adalah alumni Institut Ilmu Al-Quran (IIQ) Jakarta dan menjadi andalan pembaca Al-Quran saat-saat acara besar yang diselenggarakan oleh Ditjen Bimas maupun Kementerian Agama.(T/R05/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0