ASTRONOM AS NAMAI ASTEROID TEMUANNYA DENGAN NAMA GADIS PAKISTAN

Malala Yousafzai, gadis Pakistan yang sejak 11 tahun memperjuangakan pendidikan anak perempuan. (Foto: AP)
, gadis Pakistan yang sejak 11 tahun memperjuangakan pendidikan anak perempuan. (Foto: AP)

California, 22 Jumadil Akhir 1436/11 April 2015 (MINA) – Seorang telah menamai sebuah temuannya dengan nama gadis aktivis Pakistan, Malala Yousafzai.

“Meskipun banyak asteroid yang diberi nama, sangat sedikit yang diberi nama untuk menghormati kontribusi perempuan (terutama perempuan Asia),” kata Amy Mainzer, seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, dalam sebuah postingan blog, Kamis (9/4).

Penemu berhak untuk memberikan nama kepada asteroid temuannya, menurut aturan Persatuan Astronomi Internasional, Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Mainzer dan timnya membuat penemuan pada 2010 di dalam lingkaran antara orbit planet Mars dan Jupiter. Asteroid yang nama resminya sekarang adalah “316201 Malala”, berputar mengelilingi matahari setiap 5,5 tahun.

“Kami senang tinggal di sebuah planet yang memiliki Malala di atasnya,” kata Mainzer diTwitter, Jumat (10/4).

Malala (17) dianugerahi Hadiah Nobel untuk Perdamaian tahun 2014 atas usahanya memperjuangkan dan mengampanyekan hak-hak anak.

Gadis Pakistan itu mendapat perhatian dunia ketika pada usia 11 tahun dia meluncurkan kampanye melawan larangan Taliban terhadap pendidikan anak-anak perempuan di Pakistan. Dia selamat dari upaya pembunuhan pada usia 15.

“Saran saya untuk gadis-gadis muda adalah ilmu sains dan teknik untuk semua orang,” kata Mainzer. (T/P001/R11)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0