Astronomi: Awal Ramadhan di Beberapa Negara 13 April

Dubai, MINA – Pusat Astronomi Internasional di Dubai, UEA, menyatakan 1442 secara astronomi kemungkinan sama di beberapa negara di dunia, yaitu Selasa, 13 April 2021. Khaleej Times melaporkan.

Sebagian besar negara Islam akan melakukan (melihat bulan) untuk menandai dimulainya Ramadhan pada Senin, 29 Sya’ban bertepatan dengan 12 April.

Menurut Muhammad Shawkat Odeh, Direktur Pusat Astronomi Internasional, negara-negara berikut diperkirakan akan mengadakan rukyatul hilal pada Senin (12/4): Aljazair, Arab Saudi, Brunei, Indonesia, Iran, Libya, Malaysia, Maroko, Mauritania, Oman, Suriah, UEA, dan Yordania. Termasuk Sebagian besar negara Islam non-Arab di Afrika

Beberapa negara lainnya, seperti Irak, Mesir, Turki, dan Tunisia -yang memulai bulan Sya’ban pada 14 Maret- diperkirakan akan melihat bulan pada Ahad (11/4).

Ada kemungkinan terlihat bulan sabit dari beberapa belahan dunia Islam pada Senin (12/4), sehingga Selasa (13/4) akan menjadi awal Bulan Suci Ramadhan di sebagian besar negara Islam.

Negara-negara terletak di tengah dan timur dunia Islam, yang tidak memungkinkan melihat bulan sabit pada 12 April, meski dengan teleskop, kemungkinan mengawali bulan suci Ramadhan pada Rabu (14/4). (T/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.