Australia Buka Konsulat Jenderal Baru di Surabaya

Jakarta, MINA – Pemerintah Australia menambah perwakilannya di Indonesia dengan membuka kantor konsulat jenderal (konjen) di Surabaya, Jawa Timur.

“Hari ini saya akan secara resmi membuka Konsulat Jenderal Australia pertama di Surabaya, Jawa Timur,” ujar Menteri Luar Negeri Australia seperti disampaikan Kedutaan Australia di Jakarta, Ahad (5/8).

Konjen baru itu menjadi pos diplomatik keempat Australia di Indonesia. Bishop menyatakan pembukaan kantor perwakilan baru menunjukkan komitmen Australia terhadap hubungan kedua negara, yang ia sebut sebagai tetangga dekat dan salah satu negara demokrasi dinamis dan paling penting di kawasan.

“Pos baru ini adalah bagian dari komitmen Pemerintah Australia untuk memperluas jaringan diplomatik – perluasan terbesar selama lebih dari 40 tahun,” kata Bishop.

Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, merupakan tujuan yang semakin penting untuk perdagangan dan investasi Australia. Jawa Timur menyumbang sekitar 15 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Bishop menambahkan, Konjen Australia di Surabaya akan fokus pada peningkatan peluang perdagangan dan pengembangan ekonomi di Jawa Timur, termasuk di bidang jasa keuangan, pendidikan, kesehatan, manufaktur, dan infrastruktur.

“Konjen kami juga akan bekerja untuk meningkatkan hubungan budaya dan komunitas dengan ragam wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta memberikan pelayanan konsuler dan layanan lainnya kepada warga Australia,” ujarnya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Konsul Jenderal kami yang pertama di Surabaya, Chris Barnes, atas kontribusi pentingnya bagi hubungan bilateral selama setahun terakhir,” kata Bishop. (L/R11/RS1)

Mi’raj News Agency (MIN)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.