Awal 2021, ACT Kembali Mengaktivasi Humanity Care Line

Jakarta, MINA – Memasuki tahun 2021, dampak sosial dan ekonomi dari Covid-19 di Jakarta dan sekitarnya terus meluas. akibatnya berimbas pada sektor ekonomi, sehingga banyak masyarakat yang memerlukan bantuan pangan.

Organisasi Nirlaba Aksi Cepat Tanggap () kembali mengaktivasi layanan antar pangan gratis Humanity Careline (HCL), Senin (11/1) dengan tema “Semakin Luas Membantu, Semakin Banyak Bahagia”.

Presiden ACT Ibnu Khajar mengatakan, peluncuran HCL, sejatinya adalah untuk permasalahan kelaparan dan kemiskinan yang belum selesai.

Ibnu menjelaskan, sejak diluncurkannya di awal tahun 2020, telah melayani lebih dari 1,6 juta jiwa dengan 257 ribu KK yang tersebar di 13 kota/kabupaten, dengan melibatkan lebih dari 50.000 ojek daring.

Ibnu juga menjelaskan bahwa program Operasi Pangan Gratis akan aktif di 61 cabang ACT secara serentak.

“Program ini hadir sebagai layanan antar pangan gratis bagi masyarakat terdampak pandemi dan karantina wilayah.  Selain itu, para relawan dari Humanity Bikers, serta para korban PHK akan bergabung dan bergerak bersama ACT agar jangkauan bantuan semakin luas. Di awal tahun 2021 ini, akan ada 5.000 relawan Humanity Bikers yang terlibat dalam proses  pengiriman bantuan,” ucap Ibnu.

Menurutnya, kondisi masyarakat saat ini masih sangat menyedihkan karena pandemi, khususnya pada gelombang lanjutan ini.

“Kami aktivasi kembali Operasi Pangan Gratis dan Humanity Care Line sebagai sebuah solusi. Sebuah program untuk merespon dan melayani masyarakat Indonesia khususnya kebutuhan pangan yang merupakan kebutuhan utama manusia. Tahun 2021 adalah tahun yang optimis, namun yang perlu kita ingat dan sadar masyarakat miskin masih panik, terutama di tengah PSBB, di mana kebutuhan pangan adalah hal yang paling riskan,” ungkapnya.

Executive Vice President ACT Insan Nurrochman mengatakan,  juga menekankan urgensi dari Humanity Care Line yang aktif kembali. Untuk awal tahun ini, kami berikhtiar akan memberikan bantuan kepada 1.000 penerima manfaat setiap harinya di Jabodetabek terlebih dahulu lalu berlanjut di berbagai daerah lainnya.

“Sepanjang tahun lalu dan awal tahun ini, dampak kesehatan  menjadi salah satu konsekuensi dari pandemi Covid-19. Selain dampak kesehatan dan kematian, kita harus tahu bahwa dampak ekonomi semakin meningkat juga. Ada 29 ribu orang yang di PHK. Hilangnya pekerjaan di akar rumput semakin meningkatkan angka kemiskinan dan kelaparan di Indonesia. separo dari UMKM sudah terdampak akibat turunnya daya beli masyarakat, sedangkan UMKM menopang sekitar 60% PDB Indonesia. Maka kita harus serius mencermati ini semua,” ungkapnya.

Selain melalui HCL, bantuan-bantuan pangan ini juga akan didistribusikan melalui Humanity Rice Truck dan Humanity Food Truck secara berkesinambungan. Semangat membangun bangsa ini juga diwujudkan dengan keterlibatan publik untuk mengentaskan problematika multidimensi yang muncul akibat Covid-19.

Selain terbuka untuk siapa saja yang membutuhkan bantuan (pangan), publik dapat berkontribusi langsung ke kantor pusat dan kantor-kantor cabang ACT di seluruh Indonesia, hingga dapat berkunjung ke lokasi para mitra ACT. Publik juga dapat menghubungi 08001165228 untuk merekomendasikan penerima manfaat untuk dikirimkan bantuan. Lebih jauh, salurkan kepedulian terbaik Anda melalui www.Indonesiadermawan.id/HumanityCareLine. Ulurkan tangan, salurkan kedermawanan dan jadilah pahlawan bagi mereka yang membutuhkan.

Humanity Care Line menjadi salah satu program andalan ACT sebagai turunan Operasi Pangan Gratis. Dalam proses pengiriman bantuan, ACT melibatkan ojek daring sebagai kurir paket pangan. Selain itu, sistem HCL juga terus dikembangkan sehingga mampu melayani panggilan masyarakat selama 24 jam. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)