AWAL MUHARRAM DI BEBERAPA NEGERI MUSLIM

tahun baru islamKairo, 1 Muharram 1437/14 Oktober 2015 (MINA) – Otoritas Mesir melalui lembaga Dar Al-Ifta mengumumkan, Selasa (13/10) waktu setempat, bahwa awal Tahun Baru Hijriyah 1437 jatuh pada Rabu tanggal 14 Otober 2015.

Menurut pengamatan astronomi yang dilakukan oleh Dar Al-Ifta, institusi agama negara Mesir, Rabu akan menandai hari pertama Muharram, yaitu bulan pertama dalam kalender Islam.

“Rabu, 14 Oktober akan menjadi hari libur resmi nasional,” ungkap juru bicara kabinet Mesir, Hossam el-Kawish, dalam pengumuman yang disampaikan pada Selasa sore, seperti dilaporkan Ahram Online, Selasa (13/10).

Oman

Sementara itu, di tempat terpisah, pemerintah Oman melaui Kementerian Wakaf dan Urusan Agama mengumumkan hari Kamis (15/10) akan menjadi hari pertama Muharram. Oleh karena itu hari libur nasional akan jatuh pada Kamis.

Pekan lalu, Sayyid Khalid bin Hilal bin Saud Al Busaidi, Menteri Istana Kesultanan Oman yang juga Ketua Dewan Layanan Sipil mengeluarkan sebuah keputusan tentang Peringatan Nabi dan awal Tahun Baru Hijriyah 1437.

Keputusan itu mengatakan: “Pada kesempatan Hari Peringatan Hijrah Nabi Muhammad dan tahun Hijriyah baru 1437 H, diputuskan bahwa hari pertama Muharram 1437 Hijriyah akan menjadi hari libur resmi untuk karyawan kementerian, otoritas publik, dan departemen lain dari aparat administrasi Negara, saat penampakan bulan Muharram akan ditetapkan oleh otoritas yang bersangkutan.”

Menteri Tenaga Kerja Sheikh Abdullah bin Nasser Al Bakri juga mengeluarkan keputusan pada kesempatan tahun baru Hijriyah 1437. Ia menyatakan hari pertama Muharram 1437 Hijriyah akan menjadi hari libur resmi untuk karyawan di perusahaan-perusahaan sektor swasta.

Keputusan itu membolehkan pengusaha dan karyawan untuk menyepakati kompensasi liburan jika diperlukan.

Semua karyawan di sektor swasta merebut kesempatan tersebut untuk menyampaikan salam tulus dan harapan terbaik untuk Sultan Oman Qaboos bin Said Al Said. Selain mendoakan kebaikan untuk pemimpin mereka, warga Oman juga mengisi momen liburan Muharram dengan mendoakan kebaikan bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Kalender Hijriyah, yang dimulai pada tahun 622, digunakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk menentukan puasa tahunan selama bulan suci Ramadhan serta prosesi ibadah haji dan hari libur Muslim.

Indonesia

Di Indonesia, Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta beberapa pejabat negara menghadiri perintatan 1 Muharram 1437 di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (14/10).

Jusuf Kalla mengharapkan momentum tahun baru 1437 Hijriah sebagai momen evaluasi untuk menatap masa depan yang lebih baik. (T/P022/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0