Baitulmaal Muamalat-MINA Jajaki Kerjasama Bidang Literasi Ekonomi Syariah

Kunjungan BMM ke Kantor Berita MINA. (Foto: MINA)

Jakarta, MINA – Badan Amil Zakat (BMM) dan menjajaki kerjasama dalam bidang , saat kunjungan manajemen BMM ke Kantor MINA di Kramat Lontar, Jakarta Pusat, Rabu (18/1).

Pemimpin Redaksi MINA Ismet Rauf saat menerima kunjungan BMM mengatakan, MINA merupakan kantor berita Islam, yang juga banyak memberitakan informasi umum seperti pendidikan, olahraga dan perekonomian, termasuk .

Ia mengatakan, MINA juga aktif menggelar pelatihan jurnalistik di berbagai wilayah sebagai upaya  meningkatkan literasi.

Kepala Divisi Teknologi, Operasional dan Perencanaan Strategis BMM Galeh Pujonegoro dalam kesempatannya mengatakan, BMM juga memiliki tanggungjawab dalam meningkatkan literasi khususnya mengenai zakat.

“Untuk itu kami butuh suara teman-teman media yang memang bergerak dalam literasi ini, agar dapat memberikan pemahaman tentang zakat, buktinya dulu zakat hanya dibahas di buku-buku pinggiran. Tapi sekarang banyak dibicarakan di ruang-ruang negara,” katanya.

Ia juga mengatakan, kekuatan dasar keuangan syariah sendiri adalah mendistribusikan kekayaan, untuk itu BMM bertugas mengumpulkan dan menghimpun dana zakat dari muzakki dan donatur.

“Dalam pendistribusiannya, BMM sendiri bersifat inklusif meski kami dengan nama Muamalat tapi kami tidak hanya melayani nasabah Muamalat, tapi kami melayani seluas-luasnya,” pungkasnya.

MINA sendiri berharap dapat terus bersinergi dengan BMM dan di tahun 2023 ini lebih banyak yang bisa dikerjakan bersama, terutama bidang syariah yang saat ini masih sangat sedikit.

BMM merupakan lembaga resmi yang ditunjuk pemerintah untuk mengelola dana zakat dan wakaf yang didirikan tahun 2000.

Saat ini BMM sudah ada di beberapa kota besar di antaranya; Yantho, Bandung, Semarang, Yogya, Semarang, Makassar dan rencananya juga akan hadir di Kalimantan.(L/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.