Banjir Bangkalan Madura Berangsur Surut

Jakarta, MINA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah () melaporkan, banjir yang terjadi di Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten , Madura, Jawa Timur, mulai Rabu (30/12) dini hari berangsur surut.

BPBD Bangkalan juga menginformasikan bahwa lalu lintas terganggu akibat genangan yang masih tersisa, demikian keterangan yang diterima MINA.

Sementara, untuk arus kendaraan di jalan masih mengalami kemacetan. Banjir yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dipicu salah satunya hujan dengan intensitas sedang. Curah hujan mengakibatkan debit air Sungai Blega di kawasan tersebut meluap.

Menyikapi peristiwa itu, BPBD setempat segera menurunkan tim reaksi cepat (TRC) ke lokasi kejadian bersama pihak-pihak terkait seperti dari kepolisian dan TNI serta aparat kecamatan.

Selain memastikan keselamatan warga, tim juga melakukan kaji cepat kebutuhan dan penilaian dampak di lokasi kejadian.

Tim yang dikoordinasikan oleh BPBD setempat dan Muspika Kecamatan Blega terus melakukan pemantauan kondisi terkini di lapangan.

Data sementara, saat banjir berlangsung sebanyak 2.065 KK terdampak. Genangan di rumah warga sempat  mencapai 80 cm. Selain pemukiman, banjir menggenangi 8 unit perkantoran, 11 sekolah, 50 hektar lahan pertanian dan 100 hektar tambak.

Berdasarkan Info BMKG, kawasan Bangkalan masih diprediksikan mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir hingga Kamis (31/12). Terkait dengan potensi hujan, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi.

Sementara itu, melihat analisis InaRISK, Kecamatan Blega termasuk dari beberapa kecamatan yang memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. InaRISK menganalisis terdapat 18 kecamatan dengan luas bahaya 33.909 hektar pada kategori tersebut.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siaga mengingat prediksi puncak musim hujan pada Januari hingga Februari 2021. Di sisi lain, fenomena La Nina dapat memperburuk kondisi curah hujan dan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)